Mohon tunggu...
Arnold Adoe
Arnold Adoe Mohon Tunggu... Tukang Kayu Setengah Hati

Penulis Recehan yang Suka Ngelantur Soal Bola, Politik dan Sesekali Wisata

Selanjutnya

Tutup

Tekno Pilihan

Pernyataan Privasi di Facebook Itu Hoax

27 Maret 2017   13:46 Diperbarui: 27 Maret 2017   14:07 5816 11 4 Mohon Tunggu...
Pernyataan Privasi di Facebook Itu Hoax
Harus lebih kritis agar tidak termakan Hoax/ Sumber :Cyberwarzone

 

Sudah lebih dari seminggu saya membaca beberapa postingan dari beberapa teman di Facebook mengenai pencegahan pelanggaran privasi, seperti ini.

Buat Teman2 Sosial media,
 Direkomendasi oleh Pengacara Bpk M. Mahendra Maskur Sinaga, SH.,MH.,MHD (Wakabid. Advokasi Lembaga Eksekutif Aliansi Indonesia Badan Penelitian Aset Negara DPD Prov. Sumut). Saya juga setuju utk antisipasi.

 Pelanggaran Privasi dapat dituntut secara hukum.
 Facebook saat ini adalah entitas publik. Semua pengguna FB harus membuat pernyataan seperti ini. Jika anda belum mengeluarkan pernyataan setidaknya satu kali, maka akan secara teknis bahwa anda mengizinkan penggunaan foto dan informasi di akun facebook:

"Dengan ini saya ……… menyatakan bahwa saya tidak mengijinkan siapapun untuk menggunakan foto dan informasi di akun facebook saya dan digroup facebook ini ke media apapun.
 Jika ada akun atas nama saya dan atau memakai foto di group facebook ini dan menggunakannya untuk menipu orang lain, maka saya tidak bertanggung jawab baik secara moril maupun materiil.
 Saya juga tidak bertanggung jawab jika ada permintaan mentransfer dana atas nama akun facebook saya dan atas nama group facebook ini.
 Kiranya hal ini bukan hanya berlaku untuk akun saya, tapi juga akun teman2 yang lain."
 Terima kasih

NB: Jangan di share tapi copy paste di wall masing2.

Postingan bernada serius di atas ini memancing keingintahuan saya, apakah benar seperti itu.

Apalagi setelah saya mencermatinya dalam berbagai postingan senada, pendahuluan postingan itu sudah bertambah variasinya dengan menuliskan nama Bpk M. Mahendra Maskur Sinaga, SH.,MH.,MHD (Wakabid. Advokasi Lembaga Eksekutif Aliansi Indonesia Badan Penelitian Aset Negara DPD Prov. Sumut) sebagai rekomendator. Wow.

Akhirnya setelah membaca beberapa referensi, kesimpulan saya ini postingan Hoax alias tipuan, menipu, berita palsu atau berita bohong.

Jika anda khawatir tentang privasi anda dan berpikir untuk memposting hal yang sama, saya sarankan jangan lakukan karena ini adalah salah satu hoax Facebook yang sudah menjadi viral dan dibuat untuk kesenangan para hoaker.

Menurut informasi dari The Telegraph, Viral ini dimulai sebelumnya di India lalu menjadi viral di Inggris pada tahun 2012. Postingan perdana di Inggris itu dituliskan seperti ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN