Mohon tunggu...
Arnold Agusti Pratama
Arnold Agusti Pratama Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas pamulang

Bissmillah.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Pelaksanaan Kerja Praktek UNPAM di Toko Azam Grosir

29 Juli 2021   13:14 Diperbarui: 29 Juli 2021   16:28 162 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pelaksanaan Kerja Praktek UNPAM di Toko Azam Grosir
Pelaksanaan Kerja Praktek di Toko Azam Grosir/Dokpri

Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan kerja praktek lapangan ini dengan judul “Sistem Informasi Penjualan Berbasis Website Pada Toko Azam Grosir” dan akhirnya setelah menempuh perjalanan yang panjang penulis dapat menyelesaikan dengan baik dan tepat pada waktunya. 

Penulis juga mengucapkan terimakasih kepada bapak/ibu dosen, orang tua, teman-teman, serta seluruh pihak yang terlibat dalam membantu terselesaikannya laporan penelitian ini. 

Seiring perkembangan dunia teknologi yang semakin canggih ini, sistem informasi yang efektif dan efisien sangat diperlukan bagi perusahaan ataupun instansi. Untuk mengolah informasi dibutuhkan teknologi yang tepat, karena informasi mempunyai nilai yang sangat berharga bagi suatu perusahaan ataupun instansi tersebut.

 Untuk meningkatkan kinerja perusahaan, tiap bagian di perusahaan ataupun instansi membutuhkan sistem jaringan computer agar dapat berbagi informasi antar satu sama lain melalui jaringan tersebut.

Toko Azam Grosir/Dokpri
Toko Azam Grosir/Dokpri

Toko Azam Grosir adalah suatu toko yang bergerak dibidang penjualan perlengkapan kebutuhan rumah tangga dan barang-barang unik. Toko ini awalnya dirintis dari usaha kecil yang semulanya hanya ada 1 ruko kemudian bertambah menjadi 2 ruko. Saat ini di Toko Azam Grosir terdapat 79 jenis barang perlengkapan kebutuhan rumah tangga dan 106 jenis barang unik yang dijual. 

Dalam proses penjualan, data dicatat secara manual kemudian diinput menggunakan aplikasi Microsoft Excel. Proses pencatatan seperti ini kurang efektif karena banyaknya jumlah buku dan pesanan yang harus diinput, sehingga sering terjadi kekeliruan dan kesalahan dalam penginputan dan pencarian data yang dapat menyita waktu dalam pembuatan laporannya. Untuk itu diperlukan sebuah sistem penjualan dalam toko tersebut, supaya aktifitas kerja toko dapat berjalan dengan lancar.

Kami  kelompok 11 yang beranggotakan aenun nisa, arnold agusti pratama, dan dandi ramdani dari kelas 06TPLM001 sudah menyelesaikan kerja praktek di Toko Azam Grosir. Toko Azam Grosir berlokasi di Jl. Cempaka Raya Blok AA No.3 Bumi Asri Kutajaya, Pasar Kemis, Tangerang, Banten – 15560. 

Pemilik usaha ini bernama Heri Kuswanto, seorang wirausahawan yang berhasil memanfaatkan perkembangan kebutuhan masyarakat yang ada di sekitar wilayah tempat tinggalnya. Toko ini awalnya dirintis dari usaha kecil yang semulanya hanya ada 1 ruko kemudian bertambah menjadi 2 ruko. 

Selama melaksanakan kerja praktek kami membuatkan sebuah Aplikasi sistem informasi penjualan berbasis website pada Toko “Azam Grosir” dirancang sebagai untuk mengelola data penjualan dalam penyajian laporan data penjualan secara cepat dan tepat dibandingkan cara tulis manual sehingga pekerjaaan lebih maksimal.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN