Mohon tunggu...
arnila anjani
arnila anjani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Akademi Televisi Indonesia -Jurnalistik TV

Menulis bagi saya merupakan suatu karya yang tidak bisa saya ungkapkan secara langsung namun dalam sebuah tulisan kita dapat berbagi dan bercerita tentang hal-hal baru yang kita temui.

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Pentingnya Memahami Kesehatan Mental Anak

18 Oktober 2021   13:58 Diperbarui: 23 Oktober 2021   20:35 200 3 3
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Kesehatan fisik dan mental tentu nya sangatlah berharga, baik kesehatan fisik maupun juga mental seseorang . Bila kondisi fisik kurang sehat tentu akan mempengaruhi kondisi psikis seseorang. Kedua hal tersebut tentu nya berkaitan satu sama lain, namun disini tentu nya peran orang tua sangat penting bagi sang anak di era perkembangan yang semakin pesat tentu nya anak membutuhkan perhatian dan edukasi yang ekstra. Dilansir dari halodoc, Kebanyakan orangtua biasanya fokus mengajarkan anak cara menjaga kesehatan tubuh seperti makan yang bergizi dan berolahraga. Jarang sekali orangtua yang mengajarkan anak bagaimana cara untuk menjaga kesehatan mental sang buah hati.

Namun anak-anak tidak akan tahu apakah mereka mempunyai masalah kesehatan mental atau tidak. Dari situlah peran orangtua sangat dibutuhkan. Tentu nya para orang tua juga harus memahami “apa yang dimaksud kesehatan mental”,sebelum mengajarkan sang buah hati orang tua juga harus paham apa arti dari kesehatan mental tersebut. Kesehatan mental itu sendiri merupakakan adanya trauma pada suatu peristiwa tertentu yang menyebabkan dampak yang besar pada kehidupan dan berpilaku seseorang baik fisik ataupun perilaku. Biasanya peristiwa yang sering di alami seperti kekerasan dalam rumah tangga,perceraian dan pelecahan pada anak.

Hal ini tidak boleh diabaikan oleh orangtua kepada sang buah hati,peran orang tua tentu nya sangat penting bagi tumbuh kembang sang anak. Penting nya menerapkan kesehatan mental sejak dini tentu nya sangat berpengaruh nanti nya kepada sang buah hati yang saati ini dalam proses pertumbuhan,orangtua harus bersikap sigap apabila sang anak sudah mulai merasa ada yang berbeda dari perilaku dan tingkah nya. “Dilansir dari psikologianak.ID “stress pada anak usia dini dapat menyebabkan kerusakan secara permanen pada otak. Anak yang mengalami stress besar di masa keemasnya cenderung mengalami kesulitan dalam kecerdasan ataupun emosi. Anak yang tidak diberikan stimulasi yang baik di masa emasnya, maka hubungan antar sel syaraf di otak terhenti dan mati. Maka dari itu hal tersebut dapat berpengaruh pada perilaku sang anak.

Dilansir dari halo sehat

Berikut Ini Tips Bagaimana Menjaga Kesehatan Mental:

1. Membangun Kepercayaan Diri Sang Anak

Dalam upaya ini pernah orang tua sangat dibutuhkan untuk membangun sebuah karakter orang tua harus bisa mendorong anak untuk mempelajari dan mencoba hal-hal baru . Hal ini dapat dilakukan dengan berbagai cara,misalnya :

  • Membantu sang anak dalam menentukan cita-cita yang di inginkan sang anak sesuai kemampuannya.
  • Hindari ucapan atau kata-kata yang dapat menyinggung sang anak, jangan membuat sang buah hati berhenti mencoba saat mereka gagal.
  • Memberi pujian kepada anak.
  • Ajari anak apabila ia membuat kesalahan, belajar untuk menerima kesalahan dan kegagalan.

2. Membantu anak untuk bersosialisasi

Di samping membangun kepercayaan sang anak tentu nya anak juga memerlukan interaksi dengan anak seusianya. Bermain dengan teman seusianya membantu anak dalam mengenal tentang apa yang ada dalam dirinya seperti mengenal kekuranganya dan kelebihan dalam dirinya. Teman bermain bisa saja dari lingkungan sekitar ataupun disekolah nya.

3. Biarkan anak bermain 

Anak-anak sangat membutuhkan waktu bermain pada saat usianya,bermain adalah waktu untuk bersenang-senang ,tetapi dibalik itu semua sang anak bisa belajar berbagai hal. Saat bermain anak akan menjadi kreatif ,mempelajari berbagai hal dan mencari cara dalam menyelesaikan suatu masalah. Apabila anak aktif bergerak saat bermain juga dapat membantu kesehatan secara mental dan fisik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kesehatan Selengkapnya
Lihat Kesehatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan