Mohon tunggu...
arnayanti
arnayanti Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

aku suka dengan konten - konten yang berbau mistis dan kuliner

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pengalaman 3 Minggu PMM2 in Jember City

24 September 2022   16:55 Diperbarui: 24 September 2022   16:59 202
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh..

Hai You All.....

Bagaimana kabar kalian? Semoga selalu sehat - sehat yah and for kalian temen - temen yang di kendari Korang nd lupa ji he saya, wkwkwk.... Btw, kenalin nama aku Arnayanti. Bisa dipanggil Arna, Tapi kalau sama kamu dipanggil ayang boleh kok, HAHAHA. Aku dari Universitas Halu Oleo, Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara. Aku dari prodi Pendidkan Biologi, jurusan yang praktikumnya banyak banget,,, MENURUTKU!!! Wkwk.... Sekarang aku lagi ada di kota orang. Tau gk dimana???,,,,, Yapsss I'm here, in Jember City. Jauh,,,,, gk bisa pulang -- balik kalau rindu rumah. Udah 3 minggu, dan gk kerasa banget. Disini aku ingin sedikit cerita sedikit tentang pengalaman aku. Aku berangkat di bulan kemarin, Hari Jumat tanggal 19 Agustus 2022 dalam rangka Kegiatan Program Kampus Merdeka (PMM). Aku berangkat dari Bandara Halu Oleo dan transit Makassar di Bandara Sultan Hasanuddin. Terus lanjut ke Bandara Juanda di Surabaya. Berangkatnya sama -- sama dengan teman se-univku. 

Senang banget, karena setiba di Bandara Tujuan, ketemu banyak teman dari berbagai daerah. Dari bandara aku dan temen - temen naik Bus ke Jember. Perjalanannya lumayan lama, sampe 5 jam. Perjalanannya seru, soalnya kami sambil nyanyi - nyanyi. Kami tiba di Jember udah pukul 02:00 WIB. Fisrt Day, aku ngerasa suntuk banget. Pertama kali jauh dari orang tua, Pen nangis. Tapi hanya bisa tabah aja, padahal baru hari pertama. wkwkwk....

dokpri
dokpri
Di hari minggu, tepatnya hari ke 2 aku disana, kami semua mahasiswa Inbound Universitas Jember dikumpul untuk penyambutan dan pembagian kelompok Modul Nusantara. Aku dapat kelompok 7. Dan saat itu kami diskusi - diskusi tentang rencana untuk Modul Nusantara. Di hari Seninnya aku dan temenku yang sejurusan, masuk kuliah. Degdegan banget, karena pertama kalinya kuliah di kampus orang dengan bahasa yang bener - bener beda banget dengan bahasaku di Kendari. Pas kuliah, ternyata orang - orangnya benar - benar ramah dan baik. Jadi lumayan ngerasa beruntung, bisa ada di Kota ini, hehe.... Tapi agak ngerasa kesulitan, karena sistem perkuliahannya agak beda dengan di Univku, jadi aku harus bener - bener menyesuaikan. Sempat down banget, ngerasa otakku gak mampu bersaing,,,,, (emot sedih), tapi tetap belajar dan usaha biar bisa nyesuaiin.

Awalnya aku dan teman - teman tinggal di kos - kosan. Tapi karena aku gak tahan, akhirnya ngotot pindah ke rusunawa, padahal belum ada arahan dari pengurus PMM di Universitas Jember. HAHA... Aku dapat kamar di lantai 5 nomor 21, tinggiiii...... cape banget naik tanggaa.

Minggu pertama di Jember aku agak kesulitan dengan makanannya. Karena lumayan beda dengan yang ada di Kotaku, di Jember kebanyakan makanannya pakai kencur, sementara aku gk terlalu suka:(. Tapi setelah beberapa hari nyari - nyari tempat makanan, akhirnya ada satu warung yang menurut aku sesuai dengan seleraku gitu, wuahahaha... Nama tempatnya Warung Ummi, lokasinya pas depan gerbang UNEJ. Sekedar informasi aja, siapatau kamu minat, hehe.... Selain enak, harganyaa juga murah. Btw, aku nggak promosi ygy. Dan warung itu udah jadi langganan aku sampai sekarang, bahkan mungkin sampai selesai studi disini.

Di minggu kedua, pada tanggal 3 September 2022 hari sabtu aku dan teman - teman kelompok 7 mengikuti kegiatan Modul Nusantara yang pertama. Kegiatannya dilaksanakan di Taman Kebangsaan UNEJ, seruuuuu. Kita main game ular tangga, sambil mengenal nama dan budaya satu sama lain. Rasanya senang, karena teman sekelompok pada baik semua. Dan pastinya asyik - asyik sih, jadi gk malu dan gk minder gtu,,, malamnya kami semua ke Bioskop nonton film horror. Pas malam minggu, jadi ceritanya malmingan sama teman kelompok, wkwk. Judul filmnya "Mumun", serrem tapi biasa aja.

dokpri
dokpri

dokpri
dokpri
Di hari senin sampai kamis aku kuliah, dan disitu kita udah mulai bahas - bahas praktikum. Kebayang gk sih, praktikum di Univ orang dengan orang - orang yang belum dikenal. Di Univ sendiri aja udah stresss,,,,, Tapi harus tetap sabar, wkwk... Dan di minggu ini, tugas kuliah aku udah mulai numpuk. Rasanya masih pengen rebahan, tapi keadaannya udah bener - bener maksa. Jadi, yah gitulah..

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun