Mohon tunggu...
armiaty putri
armiaty putri Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Program Studi S1 Akuntansi Universitas Pamulang

Merupakan mahasiswa di Universitas Pamulang yang saat ini aktif menjadi anggota pada sebuah organisasi mahasiswa yang ada di kampus.

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur Pilihan

Untuk Mahasiswa, Jangan Takut untuk Menjadi Seorang Wirausahawan

5 Agustus 2022   12:35 Diperbarui: 5 Agustus 2022   14:03 77 6 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

Umumnya, mahasiswa atau anak muda di zaman sekarang ini banyak yang memiliki keinginan untuk dapat bekerja di perusahaan-perusahaan besar dengan gaji yang cukup besar, dan dengan fasilitas yang memadai. Tanpa disadari, untuk dapat bekerja di sebuah perusahaan besar, mahasiswa juga harus memiliki skill atau kemampuan yang memadai agar dapat menarik perhatian petinggi perusahaan untuk mau menerima mahasiswa tersebut.

Padahal, tidak selamanya kita ditakdirkan untuk bisa bekerja di sebuah perusahaan dan hanya menjadi pegawai atau staff dalam waktu yang cukup lama. Kita dapat mengatasi hal tersebut dengan cara mulai berwirausaha atau dengan kata lain, kita membuka usaha sendiri. Dengan menjadi seorang wirausahawan atau seorang pebisnis, kita tidak perlu takut akan terkena PHK, dan sebagainya karena kita lah yang menjadi bos di usaha yang kita bentuk/ kita bangun sendiri. Manfaat lainnya adalah, kita dapat mengurangi tingkat pengangguran karena kemampuan kita untuk memberikan pekerjaan kepada orang-orang disekitaran kita untuk membantu proses kelancaran usaha kita. Kewirausahaan memiliki peranan penting dalam pembangunan perekonomian karena secara efektif meningkatkan kesejahteraan rakyat melalui kontribusi pemerataan pertumbuhan ekonomi pada lebih banyak orang. 

Kewirausahaan tidak hanya kita jumpai pada saat di sekolah saja, tetapi, dibangku perkuliahan seperti sekarang ini kita juga masih mendapatkan mata kuliah kewirausahaan yang dimaksudkan untuk menambah pengetahuan mahasiswa pada dunia kewirausahaan dan sebagai motivasi kepada mereka untuk dapat ikut terlibat atau terjun langsung dalam dunia wirausaha sebagai wirausahawan muda yang tangguh, sehingga kedepannya, mereka dapat ikut berkontribusi dalam meningkatkan perekonomian negara Indonesia.

Berbicara mengenai wirausaha, sekarang ini masih banyak mahasiswa atau generasi muda yang beranggapan bahwa menjadi seorang wirausaha hanya membuang-buang waktu dan bikin rugi. Memang untuk menjadi seorang wirausahawan atau pebisnis tidaklah mudah, dan membutuhkan modal yang cukup untuk bisa membangun usaha dan bisnis. Tetapi dengan keinginan dan tekad yang kuat, apapun yang akan kita kerjakan pasti akan berhasil dan mendapatkan jalan yang terbaik. Penelitian mengungkapkan fakta bahwa yang membuat mahasiswa enggan untuk berwirausaha ialah karena gengsi, tidak percaya diri, dan malas untuk mempromosikan usahanya kepada banyak orang. 

Padahal, dengan berwirausaha, kita sebagai mahasiswa dapat merasakan banyak sekali manfaat dalam berwirausaha. Selain menambah wawasan dan memberikan lapangan pekerjaan kepada banyak orang, kita dapat menghasilkan uang dari usaha yang kita bangun untuk mencukupi kebutuhan kita sehari-hari, belajar menjadi mandiri, dan dapat meningkatkan keterampilan kita sendiri. 

Banyak sekali contoh mahasiswa diluaran sana yang sukses menjadi seorang wirausahan. diantaranya:

1. Caline Darjanto - Cotton Ink

Saat ini, Cotton Ink memproduksi lebih dari 10.000 unit tiap bulannya dengan tujuh penjahit di Jakarta dan Bandung serta 30 karyawan operasional.

2. Wenas, Dimas, Gaery, dan Natali - Tiket.com

Mereka mendirikan situs booking pesawat, hotel, kereta api, dan event Tiket.com saat mereka berusia antara 22 hingga 26 tahun pada Agustus 2011 silam. 

3. Dea Valencia Budiarto - Batik Kultur

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan