Mohon tunggu...
Armiati
Armiati Mohon Tunggu... 😊

Berusaha menjadi lebih baik

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Menghargai Perbedaan Keberagaman Budaya Suku Bangsa

24 September 2020   05:04 Diperbarui: 24 September 2020   05:34 65 2 0 Mohon Tunggu...

Indonesia merupakan salah satu negara yang istimewa mengapa dapat di katakan seperti itu, karena indonesia memiliki beragam flora dan fauna, serta terkenal dengan keberagaman suku, ras dan agama.

Hal ini terbukti oleh semboyang kita yaitu “Bhineka Tunggal Ika” yang berarti berbeda-beda tetapi tetap satu. Oleh karena itu kita tidak dapat menghindar ataupun menolak untuk berinteraksi dengan orang yang berbeda suku dengan kita.

Dikatakan kaya keberagaman budaya karena Indonesia adalah negara kaya dengan kemajemukan masyarakatnya, dari beragam budaya, etnis dan agama. Keberagaman ini di satu sisi merupakan kekuatan bangsa, namun di sisi lain berpotensi terjadinya konflik. Suatu konflik yang dapat terjadi dalam proses interaksi sosial yang masih rapuh dalam kesadaran tentang keberagaman suku bangsa.

Khususnya keragaman agama, suku, dan ras secara langsung ataupun tidak telah memberikan banyak tantangan bagi umat manusia. Konsekuensi tersebut salah satunya, adalah timbulnya potensi konflik untuk saling bertentangan.

Hampir di semua negara terjadi konflik kekerasan antarwarga yang memiliki latar belakang yang berbeda, baik dikarenakan oleh perbedaan agama, suku, ras, warna kulit, maupun perbedaan-perbedaan lainnya.

1.Bagaimanakah Interaksi anda dengan teman berbeda suku Bangsa?
Menurut saya berinteraksi dengan teman yang berbeda suku bangsa dengan kita sangat menarik karena kita dapat mengetahui bagaimana ciri khas mereka saat berbicara.

Berinteraksi seperti sewajarnya bersikap hormat dan santun kepada teman dan tidak memandang apa suku bangsanya.

2.Dapatkah kamu ceritakan sahabatu sewaktu SMA? Apa perannya selama bersahabat dan apa kesan menarik dari Dia atau Mereka? Ketika saya sekolah SMK saya memiliki sahabat yang kebetulan duduk sebangku dengan saya dia merupakan orang yang sangat baik ketika saya membutuhkan pertolongan dia selalu membantu semaksimal mungkin. Kesan menarik dari dirinya adalah dia merupakan orang yang tidak pernah menyombongkan apapun yang telah dia miliki, selalu merendah kepada siapapun.  

3.Apakah Anda menyadari bahwa anda hidup dalam kehidupan multibudaya Indonesia? Apak tercermin di kelas sewaktu di SLTA?
Saya sangat menyadari bahwa hidup saya berada dalam kehidupan multibudaya indonesia, hal itu tercermin sewaktu saya berada di tingkat SMK begitu banyak teman saya yang berasal dari berbagai daerah serta suku bangsa yang berbeda-beda.

4.Apakah Anda setuju penggunaan Bahasa Daerah di sekolah?
Saya sangat tidak setuju apabila disekolah masih saja menggunakan bahasa daerah. Karena setiap suatu daerah pasti ada saja pelajar yang bukan berasal dari daerah itu, mereka akan merasakan kesulitan untuk memahami pelajaran dikarenakan tidak mengerti apa arti percakapan dari bahasa daerah itu.

5.Bagaimanakah pendapat Anda tetang pembelajaran Suku Bangsa Indonesia dengan berbagai ragam aktivitasnya penting untuk dipelajari.
Menurut pendapat saya itu merupakan hal yang sangat penting untuk diajarkan kepada pelajar. Dengan adanya pembelajaran Suku Bangsa Indonesia serta beragam aktivitasnya dapat memberikan pengetahuan dan wawasan. Pelajar juga akan mendapatkan pemahaman tentang sejarah, budaya dan keberagaman bangsa.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN