Mohon tunggu...
Armelia PutriIrawan
Armelia PutriIrawan Mohon Tunggu... still studying, i'm nervous

still studying

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Generasi Milenial Memiliki Pengaruh Besar terhadap Bangsa dan Negara

28 Oktober 2020   13:23 Diperbarui: 28 Oktober 2020   13:41 22 6 0 Mohon Tunggu...

Pada tanggal 28 Oktober kita sebagai para pemuda dan pemudi Indonesia akan memperingati hari yang namanya Sumpah Pemuda. Nah, kita sebagai generasi milenial sangatlah memiliki peran dan pengaruh yang besar dalam bangsa kita dan negara kita. Sumpah pemuda merupakan suatu bukti bahwa pada tanggal 28 Oktober 1928 Indonesia dilahirkan.

Banyak kalangan menyebut anak-anak muda zaman sekarang atau yang biasa disebut zaman now sebagai generasi milenial. Generasi ini lahir pada kisaran tahun 1980 sampai tahun 2000an. Dapat diperkirakan bahwa saat ini generasi milenial memiliki kisaran usia 17 hingga 37 tahun. Mereka juga generasi yang sangat berpengaruh besar terhadap Negara Indonesia untuk sekarang ini.

Telah diketahui bahwa generasi milenial sangat dekat dengan yang namanya teknologi. Kehidupan generasi ini tidak bisa dilepaskan dari teknologi dan internet, berbeda pada saat dulu dimana pengaruh dari teknologi belum terlalu menonjol seperti saat sekarang ini. Generasi milenial lahir ketika handphone dan media sosial mulai masuk ke Indonesia.

Generasi milenial juga memiliki sifat yang lebih toleran terhadap sesamanya. Hal ini dipengaruhi oleh arus globalisasi yang semakin cepat, dimana anak zaman now ini dapat berinteraksi dengan manusia dari belahan dunia, dan ini juga termasuk generasi milenial memiliki pengaruh besar terhadap bangsa dan negara.

Oleh sebab itu, globalisasi membuat generasi milenial menjadi lebih terbukan terhadap wawasan mereka dan juga terhadap perbedaan dalam keberagaman menjadi lebih luas sehingga timbullah sifat tinggi toleransi dari generasi milenial ini.

Sebagai generasi milenial yang memiliki pengaruh besar terhadap bangsa dan negara kita perlu membiasakan diri dalam melakukan aktivitas atau pola hidup yang baik dalam kehidupan kita, apa saja?

  • Banyaklah membaca buku karena membaca buku sangatlah penting dan juga sangatlah dianjurkan bagi generasi milenial karena minat baca pada kalangan anak muda masih sangatlah rendah, untuk itu perlu kita banyak membaca buku agar wawasan dan pemikiran kita terbuka.
  • Bijak dalam mengguakan sosial media dan internet, mengapa? Karena sosial media dan internet memiliki dampak positif dan negatif bagi para penggunanya. Untuk itu kita harus bijak dalam menggunakan sosial media dan internet agar wawasan kita terbuka untuk dunia luar.
  • Rajin berolahraga adalah salah satunya agar kita sebagai generasi milenial ini sehat dan kuat dalam menghadapi permasalahan bangsa dan negara.

Itulah dia beberapa aktivitas dan pola hidup yang baik bagi generasi milenial agar menjadi orang yang memiliki pengaruh besar terhadap bangsa dan negara.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x