Mohon tunggu...
Herdian Armandhani
Herdian Armandhani Mohon Tunggu... Pemuda yang Ingin Membangun Indonesia Melalui Jejaring Komunitas

Kalau Tidak Mampu untuk Menjadi Pohon Beringin yang Kuat untuk Berteduh, Jadilah Saja Semak Belukar yang Sisinya Terdapat Jalan Setapak Menuju Telaga Air

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan

Si "Lidah Mertua", Solusi Jitu Penangkal Polusi

1 Oktober 2012   06:14 Diperbarui: 31 Juli 2019   10:40 4625 3 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Si "Lidah Mertua", Solusi Jitu Penangkal Polusi
Tanaman Lidah Mertua atau Sansevieria Trifasciata. (Shutterstock)

Polusi udara saat ini merupakan sebuah ancaman serius umat manusia yang semakin hari belum berkurang. Akar permasalahan utama yang menyebabkan terjadinya polusi udara kebanyakan sebenarnya adalah ulah dari manusia sendiri. 

Di Kota-kota besar pertumbuhan angka kendaraan pribadi kian ramai saja. Bayangkan penduduk di Indonesia yang berjumlah ratusan juta ini memiliki kendaraan pribadi tiap individu satu kendaraan berapa polusi yang dihasilkan perharinya jika sehari terdapat 24 jam?

Tanaman Lidah Mertua penangkal polusi udara
Tanaman Lidah Mertua penangkal polusi udara
Saat ini cara paling mudah untuk menaggulangi polusi tanpa perlu mengeluarkan banyak biaya adalah dengan menanam tanaman penangkal polusi. Dari berbagai macam tanaman yang diciptakan Tuhan di bumi ini tanaman Lidah Mertua merupakan tanaman yang tepat untuk kita rawat. Nama Latin tanaman yang banyak dijual dengan harga Rp 5.000- Rp 10,000 perpot ini adalah Sansievera

Tanaman Lidah Mertua didatangkan ke Indonesia sudah lama. Bagi pecinta tanaman hias, tumbuhan berdaun unik ini tergolong sebagai tanaman hias klasik. Morfologi tumbuhan berdaun unik ini mudah dikenali dari daunnya yang menjulur panjang seperti lidah dengan kontur keras. 

Serat yang dikandung tanaman ini cukup banyak. Bunganya menyerbakkan bau harum menyengat. Dapat hidup dalam lingkungan basah ataupun kering, dan tidak memerlukan asupan air dalam jumlah banyak.

Meskipun bentuknya sederhana namun dapat menyerap Gas Karbon Dioksida
Meskipun bentuknya sederhana namun dapat menyerap Gas Karbon Dioksida
Untuk jenisnya sendiri ada berbagai macam antara lain Sanseivera Mawar yang berbentuk rumpun daun dengan formasi menyerupai bunga Mawar yang mekar. 

Ada juga Sanseivera dengan pinggir daun berwarna kuning, Sanseivera Pedang yang hanya berupa daun tunggal beralur tumbuh tegak lurus, serta Sanseivera Common dengan kombinasi warna hijau dan putih belang-belang.

Sansieverra alias Lidah Mertua
Sansieverra alias Lidah Mertua
Sansievera memiliki banyak kelebihan antara lain sangat resisten terhadap polutan dan mampu menyerap 107 jenis polutan di daerah padat lalu lintas dan ruangan yang penuh asap rokok. 

Tanaman sansieveria banyak mengandung unsur karbon (C), nitrogen (N), dan oksigen (O) dengan kandungan air sedikit. Banyaknya kandungan unsur C dalam sansievera dapat dimanfaatkan sebagai absorben.

Tanaman Lidah Mertua termasuk golongan tanaman berumur panjang. Asalkan media tanam yang dipilih untuk merawat tanaman yang unik ini tepat seperti pasir,sekam,pupuk kandang dan tanah. 

Untuk penyiraman, Sansevieria tak perlu disiram terlalu sering. Cukup 2 kali seminggu atau bila media sudah terlihat kering. Pemupukan untuk jenis tanaman ini ditujukan untuk memacu pertumbuhan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x