Mohon tunggu...
Arokhmani
Arokhmani Mohon Tunggu... Freelancer - Content Writter
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

portfolio web arokhmani.com dan dkijakarta.id website lowongan kerja lokerterupdate.com dan ayokerja.xyz my blog cintatekno.com dan pendidikan.xyz

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Cara Memahami Ekstensi File di Komputer

28 November 2021   21:45 Diperbarui: 28 November 2021   21:55 85 2 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Komputer Anda memiliki berbagai jenis file di atasnya, dan masing-masing memiliki ekstensi file sendiri. Ekstensi file adalah pengenal tiga atau empat huruf yang ditemukan di akhir nama file dan setelah periode. Ekstensi ini memberi tahu Anda tentang karakteristik file dan penggunaannya. Dalam pelajaran ini, kita akan membahas beberapa contoh ekstensi ini, serta cara menentukan ekstensi file tertentu.

Contoh ekstensi file

  • JPEG menggunakan ekstensi .jpg atau .jpeg (misalnya, gambar.jpg).
  • Dokumen Word menggunakan ekstensi .docx, atau .doc untuk versi yang lebih lama (misalnya, CoverLetter.docx).
  • File audio MP3 menggunakan ekstensi .mp3 (misalnya, rhyme_rap.mp3).
  • Spreadsheet Excel menggunakan ekstensi .xlsx, atau .xls untuk versi yang lebih lama (misalnya, anggaran.xls).

Ekstensi file tersembunyi

Beberapa sistem operasi menyembunyikan ekstensi file secara default untuk mengurangi kekacauan. Anda dapat menampilkan ekstensi file jika disembunyikan. 

Klik tautan di bawah ini untuk melihat cara menampilkan ekstensi file di Windows dan macOS: Anda juga biasanya dapat mengetahui apa jenis file dengan melihat ikon file. 

Misalnya, dokumen Word terlihat seperti file dengan W di sudut, sementara spreadsheet Excel terlihat seperti file dengan X di sudut.
Ekstensi file juga memberi tahu komputer Anda aplikasi mana yang akan digunakan saat membuka file itu. Terkadang Anda mungkin ingin menggunakan aplikasi yang berbeda untuk membuka file itu.

Ketika Anda membuka file di Windows, biasanya akan terbuka di aplikasi default untuk jenis file tersebut. Misalnya, foto akan terbuka di Windows Photo Viewer (atau aplikasi Foto di Windows 8) secara default. Anda mungkin tidak selalu menginginkan ini. Dalam pelajaran ini, kami akan menunjukkan kepada Anda cara membuka file di aplikasi yang berbeda, serta cara mengubah aplikasi default sehingga file akan selalu terbuka di program pilihan Anda.

Jika Anda menggunakan Windows 8, file biasanya akan terbuka di aplikasi layar Mulai, bahkan jika Anda membukanya dari desktop. Jika Anda lebih suka bekerja di desktop, Anda dapat memilih untuk membuka file dengan aplikasi desktop. Misalnya, gambar jpeg di Windows 8 akan terbuka di aplikasi Foto secara default, tetapi Anda dapat membukanya di desktop di Windows Photo Viewer sebagai gantinya.

Terimakasih yang sudah membaca artikel ini, jangan lupa berkunjung ke situs saya di arokhmani.com untuk tips dan tutorial menarik lainnya

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan