Mohon tunggu...
Arlini
Arlini Mohon Tunggu... Menulis berarti menjaga ingatan. Menulis berarti menabung nilai kebaikan. Menulis untuk menyebar kebaikan

ibu rumah tangga bahagia, penulis lepas, blogger, pemerhati masalah sosial kemasyarakatan

Selanjutnya

Tutup

Sehat dan Gaya Pilihan

Menu Makanan Favorit di Bulan Ramadhan

15 April 2021   19:31 Diperbarui: 15 April 2021   19:33 394 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Menu Makanan Favorit di Bulan Ramadhan
https://www.tribunnews.com/ 

Senangnya bisa kembali bertemu dengan bulan Ramadhan. Alhamdulillah. Dalam tulisan kali ini aku mau ngomongin tentang makanan. 

Yup. Rasulullah saw pernah bilang bahwa seorang yang berpuasa akan mendapat dua kebahagiaan. Pertama, kebahagiaan saat berbuka. Kedua, kebahagiaan saat kelak bertemu Rabb semesta alam Allah swt.

Kita rasakan sendiri ya kalau momen buka puasa itu menyenangkan. Utamanya kita bersyukur karena sudah mampu melewati sehari berpuasa. Saat berbuka kita bisa dibilang sukses hari itu melaksanakan puasa. Jadi senang deh. Ditambah lagi, setelah seharian berpuasa, ketemu makanan itu rasanya jadi istimewa. Makanya ramainya jual makanan untuk berbuka dan sahur menjadi salah satu ciri khas Ramadhan.

Mengenai makanan favorit bulan Ramadhan, aku punya cerita sendiri. Aku dan suami sedang ikhtiar untuk memiliki anak. Selain berobat ke dokter, kami juga menjalani pola hidup sehat. Dengan memperbaiki pola makan menjadi lebih sehat, istirahat yang cukup dan rutin berolah raga.

Kami menjalani pola makan sehat dengan gizi seimbang dan minum air mineral minimal dua liter sehari. Karena kami juga kelebihan berat badan, maka untuk mencapai berat badan ideal, kami pun melakukan defisit kalori. Alhamdulillah sejauh ini kami konsisten.

Tentu karena semua dijalani dengan cara yang happy. Nggak terlalu menyiksa. Tetap bisa makan makanan kesukaan, meski diatur jumlah kalori dan kandungan gizinya juga dipertimbangkan.

Sekitar kurang lebih tiga bulan pola hidup sehat sudah dijalani. Kami sudah hampir mencapai berat badan ideal. Tinggal sekitar 3 kilo gram lagi berat badan yang mau aku turunkan. Suami juga kayaknya sama deh. Dalam hal ini kami memang sama-an. Menggemuk bersama, melangsing bersama. Hehe.

Jadi pada Ramadhan ini prinsipnya masih tetap dijalankan. Pola makan sehat yakni gizi seimbang dan defisit kalori. Namun tetap memilih menu yang disukai untuk menjaga kekonsistenan. So, ini beberapa menu favoritku di bulan Ramadhan ini.

https://www.alodokter.com/
https://www.alodokter.com/

Pertama, kurma. Buah satu ini saya pikir hampir semua orang menjadikannya sebagai salah satu menu berbuka ya. Karena rasanya yang manis dan kaya manfaat. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x