Mohon tunggu...
Andra Baskoro
Andra Baskoro Mohon Tunggu... Wiraswasta - Nightfall

Menulis dan membaca berada di sebuah koin yang sama, tapi memiliki tujuan dan fungsi yang berbeda. Jadi lakukanlah keduanya supaya duniamu lebih berwarna.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Belajar Secara Maksimal Lewat Mewarnai Gambar? Apa Bisa?

27 Mei 2022   02:54 Diperbarui: 27 Mei 2022   03:01 272 6 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi Mewarnai Gambar (Sumber : @macrovector via Freepik)

Jika mendengar kata belajar dan sekolah, tentu saja hal yang terlintas pertama kali di pikiran kita adalah kegiatan mendengarkan ceramah guru lalu menuliskannya dalam buku catatan. Proses pembelajaran tersebut terbilang efektif bila siswa sudah memiliki kemauan tentang belajar secara mandiri.

Lalu bagaimana proses belajar di jenjang SD dan TK, yang pada umumnya siswa cenderung masih ingin melakukan aktivitas bermain? Ketika dihadapkan dengan kenyataan bahwa siswa tidak ingin mendengarkan gurunya, maka sudah sepatutnya bagi tenaga pendidik membuat dan melakukan inovasi pembelajaran dengan metode yang tak biasa.

Salah satu contoh dari proses belajar yang tidak mengandalkan ceramah sebagai pendekatan utama adalah melalui aktivitas mewarnai gambar. Apakah sudah terbayang bagaimana cara memanfaatkan gambar dan mewarnai sebagai metode memberikan pelajaran kepada para murid dengan hasil maksimal? Jika belum, mari kita bahas lebih lanjut tentang kedua hal tersebut.

Mewarnai dan Menggambar Lebih Menyenangkan

Mengajar siswa siswi, khususnya di jenjang TK maupun SD kelas 1 dan 2 memang mempunyai tingkat kesulitan tinggi. Pasalnya para murid lebih mengedepankan hal-hal yang menyenangkan daripada belajar ilmu pengetahuan. Alhasil jika mereka diajarkan dengan proses ceramah oleh guru dapat dipastikan mereka akan bosan dan ilmunya tidak akan diterima dengan baik.

Berbeda dengan ceramah, aktivitas seperti mewarnai, menggambar, bernyanyi dan kegiatan serupa mampu menumbuhkan rasa senang bagi para siswa. Dalam keadaan senang tersebut nantinya para siswa justru lebih mudah dalam menyerap ilmu pengetahuan yang diberi oleh guru.

Selain manfaat utama sebagai stimulus rasa gembira anak-anak TK dan SD, mewarnai gambar juga mampu menumbuhkan daya imajinatif bagi murid. Eksplorasi ini diperlukan sedini mungkin, agar para orang tua mampu mengarahkan anak-anak yang memiliki kelebihan serta hobi di bidang seni sehingga mereka mampu mengembangkan potensi dirinya.

Ragam Materi Gambar Mewarnai

Lalu apa saja gambar yang bisa digunakan dalam metode pembelajaran mewarnai gambar? Mewarnai gambar dapat dilakukan dalam berbagai bentuk, mulai dari paling sederhana yakni mewarnai gambar benda di setikar hingga mewarnai gambar saat memperingati hari nasional.

Cara paling mudah dalam menerapkan kegiatan mewarnai gambar adalah dengan memberikan contoh gambar dari benda-benda maupun makhluk hidup yang berada di sekitar anak. Secara tidak langsung ketika mewarnai gambar siswa belajar perincian bentuk, ciri-ciri, dan berbagai sifat umum dari benda maupun makhluk hidup. Pilihan gambar lain yang bisa digunakan sebagai media pembelajaran di antaranya seperti:

  1. Gambar kegiatan sehari-hari
  2. Gambar terkait peringatan hari nasional
  3. Gambar hari raya keagamaan

Selain menyisipkan materi-materi seperti arti, makna, dan sifat sebuah gambar, kita juga bisa menggabungkan kegiatan mewarnai gambar dengan aktivitas lainnya seperti menghafal dan menyanyikan lagu. Menurut penjelasan dari kursiguru.com, bersamaan dengan mewarnai gambar, aktivitas seperti bernyanyi sangat penting untuk mengenalkan anak dengan lagu-lagu nasional.

Sumber Gambar untuk Diwarnai

Satu tantangan terbesar bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran lewat gambar adalah sumber gambar yang ingin diwarnai. Karena sebagian besar guru kelas untuk anak TK dan SD tidak benar-benar mahir dalam membuat sketsa gambar mewarnai. Maka dari itu, guru harus proaktif mencari sumber gambar yang menarik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan