Diana Aristiawan Setyo Wibowo
Diana Aristiawan Setyo Wibowo

Engineer dan Penulis, tertarik pada dunia engineering dan dunia seni. Menjadi Manajer Pusat Listrik Pilang, PLN (2016-2017), Manajer Pusat Listrik Merawang, PLN (2017-2018). Sedang berusaha menyelesaikan desain dan membangun ulang Yayasan Sosial Panti Krida Seni Tradisi Jawi yang berkualitas dan terjangkau untuk semua anak bangsa. Bisa dihubungi di arizt_sw@yahoo.com.

Selanjutnya

Tutup

Otomotif

Inilah Alasan Mengapa Honda Jazz S 2013 Banyak Dicari

25 September 2018   10:52 Diperbarui: 25 September 2018   23:51 3616 0 0
Inilah Alasan Mengapa Honda Jazz S 2013 Banyak Dicari
Honda Jazz 2013 (dok.pribadi)

Bagi yang berumur 30 tahun-an tentu tidak asing dengan merk Mobil satu ini. Honda jazz sempat diakui menjadi mobil hatch back paling laris nomor 1 sepanjang tahun 2017. Kenapa Mobil jazz laris manis? Jawabannya hanya satu, mobil ini keluar tahun 2004 dimana orang seusia saya, saat ini mencapai usia dewasa yang sudah bisa membeli mobil. Yang masuk ke mindset kami adalah jika ditanya mobil apa yang pengin dibeli, pasti adalah jazz. Karena waktu SMP/SMA Honda jazz begitu booming dengan design yang stylishnya. Ada yang lain pada Mobil Jazz type S 2013:

1.  Transmisi Triptonic

Paddle shift pada honda Jazz (m.hondacarindia.com)
Paddle shift pada honda Jazz (m.hondacarindia.com)
Seperti mobil balap, Honda jazz S 2013 memiliki sistem transmisi triptonic, sehingga untuk memindah gigi dapat dilakukan dengan menggunakan tangan. Terdapat paddle shift di belakang setir sehingga berasa menaiki mobil sport. Triptonic ini tidak muncul lagi di Honda Jazz S tahun keluaran berikutnya. 

Transmisi Triptonic hanya ada pada Seri RS. Kenapa tidak ada di seri S? Alasannya yaitu jika Jazz tipe S menggunakan triptonic maka Jazz tipe RS nggak akan laku karena konsumen lebih memilih Tipe S yang lebih murah daripada Tipe RS.

2.Ganti Bumper depan dan belakang sudah jadi Jazz Tipe RS 2013

bumper belakang jazz S (dokpri)
bumper belakang jazz S (dokpri)
Perbedaan antara Honda Jazz Tipe S dan RS tahun 2013 adalah hanya pada bagian bumper saja. Untuk tipe S tidak ada lekukan dan fog lamp sedangkan Tipe RS sudah ada. Jika bumper depan dan bumper belakang diganti, maka mobil tipe S berubah menjadi tipe RS.

3. Rasakan sensasi menyetir Mobil Formula 1 dengan harga yang terjangkau

ilustrasi Formula 1 (www.espn.com)
ilustrasi Formula 1 (www.espn.com)
Paddle shift biasa ada di Mobil F-1, mobil dengan harga paling terjangkau yang memiliki paddle shift adalah honda Jazz tipe S 2013.