Mohon tunggu...
Aris Heru Utomo
Aris Heru Utomo Mohon Tunggu... Pemerhati Hubungan Internasional, penyuka buku, kuliner, travel dan film serta olahbraga

Pemerhati hubungan internasional dan penyuka sepakbola. Menulis lewat blog sejak 2006 dan akan terus menulis untuk mencoba mengikat makna, melawan lupa, dan berbagi inspirasi lewat tulisan. Pendiri dan Ketua Komunitas Blogger Bekasi serta deklarator dan pendiri Komunitas Blogger ASEAN. Blog personal: http://arisheruutomo.com. Twitter: @arisheruutomo

Selanjutnya

Tutup

Travel Artikel Utama

Menikmati Mural di Stasiun Metro Auditorio

4 Februari 2019   11:43 Diperbarui: 6 Februari 2019   17:31 158 3 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Menikmati Mural di Stasiun Metro Auditorio
Mural di stasiun Metro Auditorio / Foto Aris Heru Utomo

Di berbagai kota besar dunia, kereta bawah tanah atau yang biasa disebut dengan subway merupakan salah satu pilihan moda transportasi umum yang banyak digunakan masyarakat sehari-hari. 

Masyarakat menyukai penggunaan transportasi subway ini karena lebih praktis digunakan dan anti macet daripada mesti memakai kendaraan pribadi.

Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, banyak stasiun subway atau metro dibangun dengan desain yang membuat penumpang nyaman. Tak hanya nyaman sebagai tempat naik dan turun saat menggunakan subway, tetapi juga diharapkan dapat memberikan kenyamanan dan kesan yang berbeda saat berada di stasiun. Untuk itu, salah satu hal yang dilakukan adalah  dengan mendekorasi dinding stasiun dengan lukisan mural.

Lukisan mural adalah gambar atau lukisan di atas media dinding, tembok atau permukaan luas yang bersifat permanen lainnya. Dalam pembuatannya, mural bisa menggunakan berbagai media seperti cat tembok atau cat kayu bahkan cat atau pewarna apapun juga seperti kapur tulis atau alat lain yang dapat menghasilkan gambar.

Melalui lukisan mural, si pelukis atau seniman bisa melakukan komunikasi secara visual kepada masyarakat. Masyarakat sebagai penikmat mural dapat berinteraksi langsung dengan pelukis. Oleh karena itu, seni mural tidak hanya berinteraksi secara visual namun juga secara verbal.

Untuk itu beberapa fungsi mural yang dikenal adalah, pertama, fungsi politik yakni mural digunakan untuk menyuarakan aspirasi  atau menyampaikan pesan politik. Kedua, fungsi sosial budaya yakni mural digunakan untuk memunculkan kebudayaan khas dari suatu wilayah atau daerah sehingga memunculkan identitas kota. Ketiga, fungsi estetik yakni mural digunakan untuk menambah keindahan dari suatu ruangan. Keempat, fungsi ekonomi yakni mural digunakan untuk kepentingan ekonomi seperti iklan-iklan produk

Sesuai fungsi-fungsi tersebut di atas, di Mexico City terdapat beberapa stasiun subway yang memiliki lukisan mural, salah satunya adalah stasiun Metro Auditorio yang terletak di antara perempatan Avenida Paseo de la Reforma dan Estrada Chivatito-Arquimedes distrik Polanco Chapultepec, Miguel Hidalgo atau di antara stasiun subway Polanco dan Constituentes di jalur 7.  

Stasiun Metro Auditorio yang diresmikan pada 20 Desember 1984 memenuhi semua fungsi yang disebutkan di atas yaitu politik (pesan mengenai Inggris fan hubungan Inggris - Meksiko), sosial budaya (menunjukkan kebudayaan pop di Inggris), estetik (memunculkan keindahan di ruang stasiun bawah tanah) dan ekonomi (memperkenalkan produk Inggris).

Karena itu, tidak seperti stasiun pada umumnya, stasiun Metro Auditorio bisa dibilang lebih mirip galeri seni.  Sejak dari ujung terowongan masuk dan keluar, terdapat lukisan mural di hampir semua dinding terowongan dengan tema Inggris. 

Sesuai tema,  di bagian depan terowongan misalnya terdapat mural penjaga istana kerajaan Inggris disusul gambar John Lennon dan pemain sepakbola Liverpool Mohammad Salah. Di sisi lain, terdapat mural.bergambar kronologi hubungan Inggris - Meksiko, gambar ilmuwan Inggris terkemuka seperti Isaac Newton dan lain-lain.

Melewati mesin pengecekan tiket, kita ditawarkan pemandangan mural yang menakjubkan berupa gambar kartun artis dan musisi rock and roll legendaris di dua sisi dinding yang lebar. Terlihat sosok Alice Cooper, Kiss, the Beatles, Madonna, Sting, Kurt Cobain, Elvis Presley and Mick Jagger.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN