Mohon tunggu...
Permana
Permana Mohon Tunggu... sejarah manusia adalah sejarah sepatu. sejarah tentang tempat dimana ia pernah berpijak dan menjejak

bukan homo homini lupus

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan

Laksanakan Program Multidisiplin, Tim I KKN Undip Manfaatkan Komposter sebagai Solusi Limbah Organik Desa

2 Februari 2020   19:50 Diperbarui: 2 Februari 2020   20:13 113 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Laksanakan Program Multidisiplin, Tim I KKN Undip Manfaatkan Komposter sebagai  Solusi Limbah Organik Desa
Foto Tim I KKN Undip Tahun 2020 Desa Tawangharjo | dokpri

Pati, Sabtu (01/02/2020), Mahasiswa Tim I KKN Undip Tahun 2020 yang diterjukan di Desa Tawangharjo Kecamatan Wedarijkasa Kabupaten Pati melaksanakan program multidisiplin mengenai pemanfaatan komposter sebagai solusi limbah organik desa.

Kegiatan ini diawali dengan kerja bakti bersama Perangkat desa membersihkan sungai di sepanjang jalan poros desa dukuh Karanganyar. Kerja bakti ini bertujuan memberi contoh kepada masyarakat agar memiliki kesadaran menjaga kebersihan lingkungan dan sungai dari sampah.

Tim I KKN Undip bersama perangkat desa melakukan kerja bakti
Tim I KKN Undip bersama perangkat desa melakukan kerja bakti

Dokumen Tim I KKN Undip Desa Tawangharjo
Dokumen Tim I KKN Undip Desa Tawangharjo

Kegiatan dilanjutkan dengan Demo alat komposter dan sosialiasi mengenai pemanfaatan komposter sebagai solusi limbah organik desa yang dihadiri berbagai elemen masyarakat.

Pembuatan pupuk kompos yang direalisasikan kepada masyarakat terbuat dari bahan-bahan organik yang dicampur dengan EM4 (sejenis bakteri untuk mempercepat proses pengkomposan) agar mudah terurai.

Masyarakat terlihat sangat antusias dalam mendengarkan sosialisasi yang dipaparkan. Khususnya dari para perangkat desa yang sangat bersemangat dengan banyak mengajukan pertanyaan seputar pembuatan komposter ini.

Dokumen Tim I KKN Undip Desa Tawangharjo
Dokumen Tim I KKN Undip Desa Tawangharjo

Dinda Adharia, Mahasiswi FKM Undip selaku pemateri sosialisasi menjelaskan "Pengelolaan sampah organik menjadi pupuk organik cair dan pupuk kompos berguna untuk meminimalisir pencemaran lingkungan sehingga sampah yang dihasilkan oleh rumah tangga bisa bermanfaat."

Dokumen Tim I KKN Undip Desa Tawangharjo
Dokumen Tim I KKN Undip Desa Tawangharjo

Program Multidisiplin ini diharapkan agar masyarakat Desa Tawangharjo dapat menerapkannya secara nyata dengan sistem keberlanjutan khususnya untuk mengatasi masalah sampah organik serta limbah rumah tangga sehingga warga Desa Tawangharjo tidak lagi membuang sampah di sungai karena dapat dimanfaatkan untuk pembuatan pupuk kompos dan pupuk organik cair dengan membuat komposter.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x