Mohon tunggu...
PMM UMM Gel 15 Kel 14 2021
PMM UMM Gel 15 Kel 14 2021 Mohon Tunggu... Mahasiswa - -

--

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Mahasiswa PMM UMM Meningkatkan Ketahanan Pangan Melalui Budidaya Sayuran di Panti Asuhan Akhlaqul Karimah

30 November 2021   18:40 Diperbarui: 30 November 2021   18:54 60 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Penanaman sayuran (30/11/2021) dokumentasi pribadi

Awal tahun 2020, seluruh dunia dihadapkan dengan kondisi darurat yaitu pandemi Covid-19. Pemerintah mengeluarkan kebijakan untuk mengurangi aktivitas di luar rumah. Kondisi tersebut menimbulkan ancaman terhadap kebutuhan dan ketahanan pangan seluruh kalangan masyarakat. 

Salah satu solusinya adalah dengan cara pemanfaatan lahan untuk dijadikan lahan budidaya guna memenuhi kebutuhan pangan seperti yang dilaksanakan  Mahasiswa Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Gelombang 15 Kelompok 14. Kegiatan budidaya sayuran ini dilaksanakan pada Selasa, 30 November 2021, diikuti oleh 15 anak didik Panti Asuhan Akhlaqul Karimah yang berlokasi di Jl. Joyo Agung, Desa Merjosari, Kota Malang, Jawa Timur. 

Sebelum memulai kegiatan menanam sayuran ini kami memberikan edukasi kepada anak didik Panti Asuhan Akhlaqul Karimah tentang tata cara budidaya sayuran menggunakan media tanam tanah dalam polybag. Hal tersebut bertujuan supaya budidaya sayuran berjalan lancar dan dapat menghasilkan sayuran yang berkualitas. Jenis sayuran yang ditanam adalah sawi dan kangkung.

Penanaman sayuran (30/11/2021) dokumentasi pribadi
Penanaman sayuran (30/11/2021) dokumentasi pribadi

Bagaimana cara menanam sayuran dalam polybag?

Langkah pertama yang harus dilakukan dalam menanam sayuran dalam polybag adalah persiapan media tanam. Media tanam yang kami gunakan adalah tanah yang dicampur dengan kompos. Penambahan kompos berguna agar unsur hara lebih maksimal. Kompos juga berperan untuk memacu dan merangsang pertumbuhan pada tanaman sayuran. 

Kemudian masukkan media tanam ke dalam polybag. Buatlah lubang sedalam 5-10 cm, pindahkan bibit ke dalam lubang kemudian tutup dengan tanah. Setelah penanaman lakukan penyiangan gulma setiap minggu setelah tanam dan pengairan dilakukan setiap hari sebanyak dua kali yaitu pada pagi dan sore hari.

Pada kegiatan menanam sayuran ini masing-masing anak didik panti asuhan memiliki tanggung jawab untuk menjaga serta merawat sayuran yang telah mereka tanam. Terlihat mereka sangat antusias untuk mengikuti kegiatan budidaya sayuran ini. Melalui kegiatan ini kami berharap dapat memberikan manfaat positif dan dapat meningkatkan ketahanan pangan di Panti Asuhan Akhlaqul Karimah.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan