Mohon tunggu...
ARIP KURNIAWAN
ARIP KURNIAWAN Mohon Tunggu... Guru - GURU

Hanya seorang guru

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Refleksi Dwi Mingguan 1

11 September 2022   00:05 Diperbarui: 11 September 2022   00:20 1255
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

JURNAL REFLEKSI  DWI MINGGUAN  CALON GURU PENGGERAK ANGKATAN 6

MODUL 1.1

ARIP KURNIAWAN

SMP NEGERI 2 PANYINGKIRAN

  • Fact ( peristiwa) :
  • 24 Agustus 2022  secara virtual bersama  Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Bapak Nadiem Anwar Makarim, B.A. M.B.A., dan Bapak Dr. Iwan Syahril , Ph. D. Direktur Jendral  Guru dan Tenaga Kependidikan.

  • Dilanjutkan dengan orientasi Program dan LMS PGP angkatan 6 oleh BBGP JABAR KEMDIKBUD RISTEK. Dimana kami para calon guru penggerak dikenalkan secara virtual  cara untuk menggunakan LMS, kami telah dibagi kedalam kelas  yang sudah  berdasarkan nama fasilitatornya. Dan saya masuk kedalam kelas KLS. 06.13.JABAR.AKH MUNIF

  • Kemudian saya membaca pendahuluan dan bereksplorasi mengerjakan simulasi aktivitas lms
  •  29 Agustus 22 saya mengerjakan tes awal yang ada di lms,

  • Dilanjutkan dengan menyimak video etika akademik pemimpin belajar
  • 30 Agustus 2022 mulai mengerjakan modul 1.1.a3 Mulai dari diri, saya CGP membuat refleksi diri terkait pemikiran pemikiran Ki Hajar Dewantara kedalam sebuah tulisan yang saya unggah ke LMS
  •  
  • 31 Agustus 2022 eksplorasi konsep modul 1.1.a4 , tujuan dari modul ini adalah CGP memahami pemikiran Ki Hajar Dewantara mengenai azas dan tujuan pendidikan, di modul ini CGP mempelajari 11  materi ang diakhri dengan membuat refleksi kritis dalam bentuk rekaman audio. saya CGP mempelajari  tentang pemikiran Ki Hajar Dewantara tentang pendidikan, memberikan tanggapan dan pertanyaan pada LMS, yang diakhiri dengan membuat refleksi kritis yang disajikan kedalam bentuk audio

  • 1 sepetember 2022  forum dsikusi virtual pertama kali dengan fasilitator dan rekan CGP satu kelompok B1.PP063 kami berdiskusi mengenai pemikiran pemikiran Ki Hajar Dewantara mengenai Tujuan dan Azas  pendidikan. Kami membuat kelompok kecil yang berangotakan 4 org untuk bekerjasama membuat tugas kelompok presesntasi mengenai kekuatan konteks sosiokultural yang ada di daerah kami yang sejalan dengan pemikiran Ki Hajar Dewantara,

  • 3 september 2022 lokakarya orientasi dilakukan secara virtual melalui google meet di ruang kelas masing masing membahas harapan , rencana diri,refleksi diri kedepannya dalam mengerjakan tugas di LMS juga panduan dan arahan yang diberikan oleh pengajar praktik

  • 5 september 2020 dalam ruang kolaborasi 1 CGP secara virtual. dengan kelompoknya berdiskusi dan mempresentasi kan hasil diskusi kelompok kecilnya tentang kekuatan konteks sosiokultural di daerah kami, setiap kelompok memaparkarkan hasil diskusinya tentang kekuatan kearifan local di daerahnya. Setiap kelompok memberikan tanggapan dan pertanyaan. Pada modul 1.1.a5 ini CGP diharapkan menemukan nilai nilai kearifan loka yang relevan dengan pemikiran KHD

  • 7 Spetember 2022 kelompok kami mengunggah hasil presentasi kami

  • 9 September 2022 demontrasi kontesktual . CGP membuat sebuah karya video  untuk menggambarkan pemikiranfilosofis  Ki hajar Dewantara  sesuai pengetahuan dan pengalaman yang diperoleh. Karya yang saya buat berupa sebuah video tentang pemikiran filosif Ki hajar dewantara, sebagai wujud pemahaman tentang pemikiran filosofis Ki hajar dewantara. Karya tersebut di upload di LMS

  • 9 September 2022 elaborasi pemahaman .ruang diskusi bersama instruktur, mendengarkan pemaparan materi dari instruktur tentang tujuan dan asas pendidikan menurut Ki hajar Dewantara, memaknai kata menuntun dan menghamba pada anak, dan pendidikan yang berpihak pada anak. CGP berdiskusi dan saling memberikan umpan balik,

  • Selama ini saya berfikir bahwa agar siswa berhasil dalam belajarnya, mereka harus mengikuti apa yang dikatakan oleh guru, konsep adil yang saya terapkan adalah setiap siswa diperlakukan sama. Memaknai prestasi hanya sebatas nilai. Setelah mempelajari filosofi pemikiran Ki hajar Dewantara ternyata setiap anak memiliki kodrat nya sendiri sendiri, setiap individu itu unik, satu dan hanya satu kita tidak bisa membatasi imajinasi dan kreatifitas anak didik oleh batasan batasan pikiran guru, guru harus terbuka , dan pendidikan berpihak pada anak hilangkan tuntutan kita kepada mereka agar ia selalu mendapat nilai bagus, nilai adalah efek samping dari sikap dan budi pekerti yang baik dari anak.
  •  
  • Feelings :
  • Saya sangat bersyukur bisa mengikuti PGP ini banyak hal yang bisa saya pelajari, salah satu kekhawatiran adalah saya tidak bisa menyelesaikan tugas tepat waktu. Saya senang karena mendapatkan fasilitator, pengajar praktik dn tentu rekan rekan CGP yang super hebat.

  • Pemikiran Ki Hajar Dewantara yang memaknai pendidikan adalah suatu tuntunan , dikaitkan dengan konteks sekarang guru dan murid sebaiknya berkolaborasi, membuat komunikasi yang efektif , sehingga baik guru maupun anak didik menjadi kreatif dalam mencari solusi  untuk pemecahan masalah, saya menerapkan pembelajaran kelompok di kelas ketika siswa mempelajari materi tentang koordinat kartesius


  • Findings: mengetahui pembelajaran dengan alur MERDEKA pada LMS, dapat memahami kearifan local yang sejalan dengan pemikiran Ki Hajar Dewantara, memahami pemikiran Ki hajar dewantara Tentang pendidikan adalah Menuntun dan mengimplemetasikannya di kelas saya. Dapat memahami makna pembelajaran yang berorientasi pada anak. Saya bisa lebih dekat dan memahami anak didik
  •  
  • Future :
  • Pembelajaran yang dirancang dengan berpusat pada anak didik,pembelajar tidak harus dilakukan di kelas bisa diluar kelas.
  • Pendidikan karakter di setiap pembelajaran guna mengembangkan budi pekerti anak
  • Berusaha menjadi teladan yang baik bagi anak didik, dengan bersikap lebih terbuka, disiplin terhadap waktu,

  • Membuat Pembelajaran yang  lebih mendorong aktivitas siswa  supaya berinteraksi baik dengan yang ada dilingkungan sekolah seperti teman, maupun yang diluar sekolah seperti saudara, orang tua

  • Saya berusaha berkomunikasi yang baik, dengan kepala sekolah , rekan guru dan lingkungan yang berhubungan dengan sekolah.
  • Demikian Jurnal Minggu ke – 1 dari saya Semoga dalam menempuh Pendidikan ini saya bisa menyelesaikannya dengan baik, dan tentu saja menjadikan saya guru yang lebih baik lagi.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun