Mohon tunggu...
ArioWidyartaWijaya
ArioWidyartaWijaya Mohon Tunggu... Mahasiswa

FISKOM 2016 Satya Wacana Salatiga

Selanjutnya

Tutup

Film

"I See Human but Not Humanity", Film War for the Planet of the Apes

10 Juni 2019   22:43 Diperbarui: 10 Juni 2019   22:53 0 0 0 Mohon Tunggu...

Film War for the Planet of the Apes merupakan film bergenre fiksi ilmiah aksi drama yang dirilis pada tahun 2017. film ini merupakan trilogi dari kelanjutan kisah Caesar yang merupakan spesies kera cerdas karena kecelakaan percobaan ilmiah. Sekumpulan kera cerdas lalu berkembang di hutan utara San Fransisco , tanpa kontak dengan manusia hingga terjadilah kontak antar kedua spesies. Koloni manusia dan kera berusaha untuk hidup berdampingan. namun di dalam film ini terdapat banyak konflik yang membuat manusia ingin memusnahkan seluruh spesies kera karena dianggap membahayakan bumi. colonel tentara yang diperankan oleh Woody Harrlson pun berinisiatif untuk menyergap tempat persembunyian kera di dalam hutan, akibatnya perang antar manusia dan kera tidak bisa dihindari. film ini termasuk dalam film yang bergenre aksi drama. dimana manusia mencoba memusnahkan spesies kera dalam hutan.

membahas soal Genre film yang terdapat dalam film War the Planet of the Apes merupakan film yang bergenre induk premier "Aksi Drama" hal ini disebabkan karena dalam film War for the Planet of the Apes menyajikan adegan aksi perang yang terjadi antara manusia dan spesies kera cerdas, dan dalam film War for the Planet of the Apes juga termasuk genre film "petualangan" dimana Caesar yang merupakan pemeran utama film mencoba membalaskan dendamnya dengan cara mendatangi markas para tentara yang mencoba membasmi spesies spesiesnya dengan menembus hutan dan salju untuk melakukan pencarian terhadap para sekutu.

dalam film War for the Planet of the Apes, mengambarkan latar tempat dan latar suasana. sebagai contohnya, film ini di dahului dengan penyergapan para sekutu yang dibantu juga dengan spesies kera yang ikut membantu para sekutu mengenai tempat persembunyian markas dari Caesar Cs. para kera yang membantu sekutu ini merupakan anak buah dari koba,koba merupakan spesies kera yang sama dengan caesar namun ia merupakan tokoh antagonis yang sudah mati dalam sekuel film sebelumnya. para sekutu mengira tempat tersebut merupakan tempat persembunyian dari koba.

lanjut pada bagian pertengahan, persembunyian Caesar kembali di datangi oleh sekutu yang hendak menghabisi spesies kera tersebut tanpa sebuah alasan, dengan adanya penyerangan yang dilakukan oleh sekutu tentara membuat anak dari Caesar dan istrinya mati di tembak oleh sekutu. akan hal tersebut membuat Caesar geram, ia dan kawanan spesies lainya mencari tempat tinggal yang lebih aman. namun Caesar berniat membalaskan dendamnya dengan cara ia mendatangi markas sekutu yang telah merenggut nyawa anak dan istrinya.

kemudian pada tahap akhir merupakan penyelesaian masalah yakni, saat Caesar mendatangi markas ternyata sekwanan kera lainya sudah dikurung dalam markas sekutu, untuk diperkerjakan membuat tembok besar. Caesar yang pada saat itu juga masuk ke dalam markas juga ikut dikurung beruntung ia masih dengan maurice,bad ape dan kawan lainya yang merupakan teman caesar. disaan maurice dan bad ape bekerjasama untuk bagaimana cara lari dari markas sekutu tersebut. setelah berhasil ternyata para sekutu diserang tentara lain yang mengakibatkan peperangan dalam 3 sisi kubu. setelah usai ledakan yang ditimbulkan perang mengakibatkan medan perang yang terdapat di pegunungan salju longsor.kemudian Caesar pergi mencari tempat tinggal dan menemukan tempat yang aman.

waktu dalam film merupakan urutan-urutan kejadian yang terjadi pada film. karena tujuan dari tokoh karakter utama dalam film War for the Planet of the Apes merupakan penyelamatan kawananya. penggambaran berurutan dilakukan secara jelas sehingga penonton tidak bingung dan mudah dalam menangkap tujuan dari film ini. . durasi film War for the Planet of the Apes adalah 2 jam 20 menit.

dalam film War for the Planet of the Apes fokus film ini tertuju kepada Caesar yang merupakan pemimpin spesies kera cerdas. penonton ikut merasakan maksut dari Caesar untuk menyergap markas dari sekutu. terkadang dalam film ini juga menyorot colonel sekutu atau tokoh antagonis. yakni para sekutu menangkap para spesies kera ini untuk diperkerjakan untuk membangun sebuah tembok besar dengan cara kerja rodi hal ini yang membuat Caesar dan kawananya tidak terima dilakukan dengan cara tersebut. dan Caesar berniat untuk membalaskan dendamnya soal kematian anak dan istrinya.

kemudian mengenai narator pada awal film .dalam film ini menggunakan narator non karakter,artinya dalam film War for the Planet of the Apes mengingatkan para penonton kembali tentang apa yang sudah terjadi dalam film sekuel film sebelumnya. kata yang disebutkan dalam narator non kaarakter ialah tentang spesies kera cerdas yang merupakan kesalahan dalam penelitian. kemudian sepanjang film berlangsung tidak terlihat dari kemunculan narator.

Konflik yang terjadi merupakan sekutu tidak tahu bahwa kera jahat atau koba sudah mati. hal tersebut yang membuat para sekutu untuk menyerang persembunyian dari Caesar adalah adanya beberapa kera jahat yang berpihak kepada koba untuk menyerang tempat persembunyian Caesar. yang padahal koba sudah mati dalam sekuel film keduanya. sekutu terus menyerang markas tempat persembunyian dari Caesar, yang membuat Caesar merasa jengah akan hal tersebut. kemudian ia membalaskan dendamnya dengan cara mendatangi markas sekutu. namun Caesar menemukan kawananya sudah terkurung dalam markas para sekutu. sekarang ia berpikir dan bekerjasama dengan para kera lainya untuk keluar dari markas tersebut dan bebas mencari tempat yang lebih aman dan nyaman.

Dalam film ini kita akan sadar bahwasanya jika simpanse yang merupakan kera saja tidak akan saling bunuh-membunuh sesama jenisnya, namun mengapa manusia yang dikaruniai akal yang sempurna kalah dengan hewan, dan saling bunuh membunuh.

KONTEN MENARIK LAINNYA
x