Mohon tunggu...
Ario Aldi L
Ario Aldi L Mohon Tunggu... Penulis - Mahasiswa

Menulis ketika senggang, semakin banyak belajar semakin tidak tau apa-apa.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Pancasila, Pancaroba, dan Panca-Panca Lainnya

23 Juni 2020   18:02 Diperbarui: 4 Juli 2020   16:20 77
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.


Pancasila adalah sila yang dianut oleh warga negara Indonesia saat ini, jika demikian berarti ada kemungkinan bahwa dalam beberapa puluh tahun kedepan negara mungkin saja akan bergeser mengadopsi atau melahirkan suatu ideologi yang baru.

Bukan berarti pendapat saya ini berartikan makar atau apa-apa yang disebut bertentangan dengan perundang-undangan nasional. Maksudnya adalah saya hanya berbicara apa yang saya pikirkan saat ini dan kemungkinan-kemungkinan kecil lainnya.

Seperti yang khalayak ketahui, arus perubahan zaman memang di tangan generasi saat ini. Yang mana warisannya akan di turunkan pada generasi selanjutnya. Beberapa selentingan dari teman-teman saya perihal aktivitas apa yang kalian lakukan selama pandemi termasuk pula dalam warisan dalam beberapa tahun kedepan. Misalnya heboh dalam membuat vidio Tiktok.

Bukannya saya menyudutkan pengembang aplikasi kreatif tersebut.Dari pada membawa manfaat menurut saya hal tersebut malah membawa kepada cara berpikir yang praktis.

Di sini pola pikir praktis memang baik jika di tempatkan pada tempatnya. Tapi jika pola pikir praktis digunakan sebagai dasar pijakan menurut saya hal tersebut sangatlah bodoh dan sangat tidak masuk akal. 

Mengapa saya cukup getol dengan aplikasi tersebut bahkan terkadang saat saya melihat teman ngopi saya menggunakan aplikasi tersebut entah mengapa saya langsung saja mencemoohnya dan saya melakukannya dengan tidak sadar.

Memang lucu respon tubuh saya ini yang dilain sisi juga tidak moralis. Sewaktu mampir di warung padang tadi sempat terpikir perihal bagaimana pola aktivitas masyarakat after pandemi.

Meskipun pendapat saya tidak benar-benar absolut, tapi biar saya utarakan. Gadget hari ini telah bergeser dari kolom kebutuhan sekunder memasuki kolom kebutuhan primer. 

Angka pertumbuhan penduduk setiap hari bahkan setiap tahun pasti akan mengalami kenaikan. Meskipun terkait tunjangannya tidak kunjung naik--tidak masuk akal tapi terjadi.

Apa saja yang telah dikembangkan oleh anak muda bangsa adalah sedikit banyaknya antusiasme karena tidak tau apa yang mau dilakukan. Ada baiknya memang harus seperti itu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun