Mohon tunggu...
Ario Abhibhawa
Ario Abhibhawa Mohon Tunggu... Rio

Universitas Diponegoro

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Mari Makan Ikan untuk Indonesia Sehat dan Cerdas

15 Agustus 2020   15:53 Diperbarui: 15 Agustus 2020   15:50 9 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mari Makan Ikan untuk Indonesia Sehat dan Cerdas
Proses kegiatan Gerakan Mengkonsumsi Ikan. Sumber: dok. pribadi.

Semarang (20/7)  Wabah Covid -19 yang terjadi hampir di seluruh belahan dunia memiliki dampak terhadap kesehatan. Menjaga imun tubuh merupakan hal yang sangat penting dilakukan agar terhindar dari virus tersebut. Ikan merupakan makanan yang memiliki nilai gizi yang tinggi. Nutrisi pada ikan memang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Ikan mengandung protein tinggi, lemak omega 3, asam lemak tak jenuh, vitamin A, D, B6, dan B12, serta mineral yang semuanya baik untuk daya tahan tubuh.

Kegiatan gerakan mengkonsumsi ikan dalam rangka meningkatkan gizi tubuh ini dilaksanakan di balai RW 12 Kelurahan Bringin pada hari Sabtu 18 Juli 2020. Sosialisasi ini dilakukan untuk dapat menyampaikan materi mengenai gizi ikan, manfaat makan ikan, pemilihan ikan yang masih segar dan bebas formalin, cara menyimpan ikan yang baik dan benar, dan pengolahan ikan menjadi makanan olahan . 

Harapan dari kegiatan ini untuk mengenalkan dan mengajak masyarakat untuk mengetahui pentingnya mengkonsumsi ikan. Saat menyampaikan materi ibu dan bapak RW 12 ini sangat antusias dan tidak segan untuk bertanya.

Pengolahan ikan dan gizi ikan merupakan suatu hal yang banyak diminati. Banyak cara mengolah ikan agar tidak membuat gizi dalam ikan berkurang seperti mengkukus dan menggunakan microwave. Gizi yang ada pada ikan merupakan sesuatu yang  penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Omega-3 pada ikan berfungsi untuk menurunkan kadar lemak dalam darah, menurunkan tekanan darah, mengurangi pembekuan darah, meningkatkan kekebalan tubuh.

Pada anak-anak, omega-3 dapat meningkatkan kemampuan belajar karena omega-3 membantu kinerja saraf otak. Dengan mengkonsumi ikan yang banyak mengandung sumber protein, maka kekebalan tubuh bisa terjaga. Sebab protein menyumbang sekitar 75 persen untuk sistem kekebalan tubuh dimana fungsinya mengganti sel yang rusak, membentuk hormon dan menolak virus yang masuk. 

Foto kegiatan Gerakan Mengkonsmsi Ikan. Sumber: dok. pribadi.
Foto kegiatan Gerakan Mengkonsmsi Ikan. Sumber: dok. pribadi.
Penulis: Ario Abhibhawa, Manajemen Sumberdaya Perairan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan 

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x