Mohon tunggu...
ARINTA PRILIANA PURWITA
ARINTA PRILIANA PURWITA Mohon Tunggu... Guru - Guru

Mari belajar IPA

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Pemanfaatan ICT pada Pembelajaran Abad 21

9 Desember 2022   19:49 Diperbarui: 9 Desember 2022   19:58 107
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Information and Communication Technology (ICT) memiliki peran penting dalam dunia pendidikan. Terutama pada era milenial ini, pentingnya pemanfaatan pembelajaran teknologi informasi di sekolah sebagai upaya untuk menghadapi pendidikan pada abad 21. Pada abad 21 ini terjadi perkembangan teknologi yang semakin canggih, hal tersebut berpengaruh dalam pendidikan sekolah dimana pengetahuan dan pemanfaatan teknologi bagi siswa perlu diajarkan dan diterapkan.
Pembelajaran abad 21 ini merupakan salah satu tantangan yang harus dihadapi guru dalam dunia pendidikan. Pemanfaan teknologi informasi akan mempermudah guru dalam menyampaikan materi yang diajarkan, juga dapat meningkatkan pembelajaran yang lebih efektif dan efisien.


Perkembangan dan penerapan ICT juga bermanfaat peningkatan kualitas pendidikan nasional Indonesia. ICT dalam pembelajaran dapat menjadi dua peran, yaitu: (1) sebagai media presentasi pembelajaran, misal berbentuk slide power point dan video pembelajaran; (2) sebagai media pembelajaran mandiri atau E-Learning, misal peserta didik diberikan tugas untuk membaca atau mencari sumber dari internet, mengirimkan jawaban tugas, bahkan mencoba dan melakukan materi pembelajaran. Melalui penggunaan e-book, e-learning, e-laboratory, e-library, belajar tidak lagi dibatasi oleh ruang dan waktu.


ICT ini juga digunakan dalam pembelajaran IPA. Seperti diketahui bahwa IPA pada dasarnya memuat Ilmu pengetahuan tentang alam sekitar. Tidak semua hal dapat ditemui disekitar sekolah, oleh karena itu perlunya bantuan ICT untuk memahami dan melihat secara kongkret pengetahuan yang sedang diberikan.
Berdasarkan paparan tentang manfaat dari media ICT yang telah dijelaskan sebelumnya, hal yang perlu dilakukan dalam rangka pemanfaatan ICT ini adalah dengan menyediakan prasarana dan fasilitas ICT untuk peserta didik dan guru yang memungkinkan mereka berada dalam suatu sistem yang diharapkan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun