Mohon tunggu...
Arini Qurota Ayun
Arini Qurota Ayun Mohon Tunggu... Mahasiswa

.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Mengelola Lingkungan Lembaga Pendidikan, Pentingkah?

7 Mei 2019   21:36 Diperbarui: 7 Mei 2019   22:09 0 2 0 Mohon Tunggu...

Dalam dunia pendidikan, banyak yang harus diperhatikan demi menunjang proses kegiatan pembelajaran. Selain budaya dan tata kelola lembaga, lingkungan juga menjadi salah satu faktor yang penting untuk diperhatikan. Untuk itu penting untuk mengelola lingkungan di lembaga pendidikan.

Pertanyaannya: mengapa mengelola lingkungan sangat penting?

Lingkungan merupakan salah satu komponen dari perubahan.

Kita tahu zaman tidak bergerak secara statis namun dimanis. Begitupula lingkungan yang bergerak secara dinamis. Artinya lingkungan memiliki kondisi dimana terjadi suatu perubahan. Perubahan-perubahan lingkungan inilah yang patut diperhatikan oleh suatu lembaga pendidikan jika ingin lembaganya tidak kalah bersaing.

Contohnya dapat diambil yaitu masalah berkembangnya media pembelajaran seiring dengan berkembangnya dunia teknologi. Sekolah harus memperhatikan hal ini agar dalam proses pembelajaran dapat berjalan dengan efektif dan efisien. Adanya LCD dan layar proyektor tidak hanya untuk menunjang prpses pembelajaran namun dapat memamerkan fasilitas yang dimiliki sekolah.

Kalau saja orang tua yang ingin menyekolahkan anaknya sebagai seorang konsumen, pasti mereka juga melihat keunggulan-keunggulan apa saja yang dipunya suatu sekolah, salah satunya fasilitas yang terpadu dan memadai.

Pengelolaan lingkungan adalah tahapan pertama dalam analisis SWOT
Pentingnya pengelolaan lingkungan yang kedua adalah menganalisis lingkungan. Penganalisisan ini bertujuan untuk menghasilkan strategi. Setelah memindai dan menganalisi apa saja yang ada di ligkungan sekitar akan menemukan suatu peluang atau ancaman dimana peluang dan ancaman itu akan memunculkan strategi dalam menyikapi masalah.

Contohnya dalam ruang lingkup sekolah. Setelah sekolah menganalisis lingkungan, ada beberapa ancaman dan peluang. Ancaman misalnya berupa tempat sekolah yang dekat dengan jalan raya sehingga rawan dengan kecelakaan. Kemudian peluang dapat berupa keberadaan sekolah yang tidak jauh dari kompleks perumahan. Dari analisa-analisa tersebut dapay diambil suatu strategi misalnya dibuatnya lampu lalu lintas penyebrangan atau yang lainnya.

Merupakan bagian penting dari lingkungan yang stategis
Mengelola lingkungan bermaksudkan untuk menciptakan lingkungan yang stategis. Artinya memanajemen lingkungan bagaimana sekolah tersebut dapat ditunjang dengan lingkungannya.

Contohnya sebuah sekolah yang cukup terkenal dan besar, pasti lingkungan disekitarnya akan membuka hal-hal yang menunjang sekolah tersebuut seperti adanya toko peralatan tulis menulis, foto-copy, rummah kos, warung makan, dan lain-sebagainya.

KONTEN MENARIK LAINNYA
x