Mohon tunggu...
Arini MaulidiaLia
Arini MaulidiaLia Mohon Tunggu... Pendidikan Agama Islam

Berani berubah berani sukses

Selanjutnya

Tutup

Filsafat

Aliran-aliran dalam Filsafat Pendidikan

27 Maret 2020   08:21 Diperbarui: 27 Maret 2020   08:18 17 0 0 Mohon Tunggu...

Bismillah 

Assalamualaikum wr.wb

1. Aliran Progresivisme (perubahan) 

Merupakan aliran yang menginginkan sebuah kemajuan dengan cepat. Dalam dunia pendidikan aliran progresivisme ini adalah suatu aliran yang menekankan, bahwasanya pendidikan itu bukanlah sekedar pemberian suatu pengetahuan kepada peserta didik, tetapi juga harus diisi dengan aktivitas-aktivitas yang mengarah kepada pelatihan kemampuan berpikir. Aliran ini juga menuntut siswa untuk maju bertindak inovatif, aktif, dinamis , konstruktif. 

2. Aliran Konstruktivisme

Merupakan sebuah aliran yang menjelaskan dimana pendidikan bertumpu pada tahap-tahap kognitif anak didik, juga dapat mempermudah anak didik dalam mengikut kegiatan belajar mengajar. Namun aliran ini juga berprinsip bahwa pengetahuan merupakan kontruksi bukan sesuatu yang bersifat rekayasa namun bersifat real , dimana ilmu itu bisa didapat dari observasi secara langsung maupun pengalaman.

3. Aliran Humanistik 

Aliran ini mengharuskan pendidik untuk mendorong peserta didik untuk mencapai keberhasilan bahkan prestasi serta memberikan sebuah penghargaan kepada siswa tersebut. Aliran ini memiliki kelebihan mampu menumbuhkan semangat yang tinggi untuk belajar dan menggapai apa yang diinginkan. 

Semoga bermanfaat yaa 

Semangat terus

VIDEO PILIHAN