Mohon tunggu...
Arini Nurillah
Arini Nurillah Mohon Tunggu... Lainnya - Do Your best, And let Allah do the rest
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Tahapan Perkembangan Kognitif Sensorimotori Menurut Piaget

27 Oktober 2020   17:13 Diperbarui: 19 November 2020   07:56 1124
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Jean Piaget (sumber bisapsikologi)

Tokoh terkenal dengan teori perkembangan kognitif yaitu Jean Piaget dia adalah seorang psikolog Swiss dan ahli epistemologi genetik. Lahir pada tanggal 9 Agustus 1896 dan meninggal pada 16 september 1980. 

beliau melihat bagaimana anak berkembang secara intelektual pada masa kanak-kanak. Pada abad ke-20 dalam survei tahun 2002 menduduki peringkat sebagai psikolog yang paling berpengaruh kedua pada abad itu.

kognitif sendiri adalah kemampuan yang dimiliki orang untuk memahami apa yang ia dengar, ia sentuh,  ia lihat dan ia rasakan. Perkembangan kognitif anak dan orang dewasa ini tidak sama. Pengertian tahapan sensorimotor Menurut Jean Piaget.

- tahapan sensorimotor (usia 0-2 tahun)

Pada tahapan ini sebuah perkembangan kognitif anak dikembangkan secara perlahan yang melalui proses akomodasi dan asimilasi. tahapan sensorimotor dalam 6 periode menurut Piaget:

  • Periode 1 refleks ( umur 0-1bulan).

pada periode ini tingkah laku bayi lebih banyak bersifat spontan ,refleks, tidak terbedakan, dan tidak disengaja. Pada periode ini muncul saat lahir sampai usia 6 minggu dan berhubungan terutama dengan refleks. Sebuah tindakan yang dilakukan oleh bayi didasarkan pada adanya rangsangan dari luar yang ditanggapi secara refleks. Contohnya jika bayi BAB dan Pipis. 

  • Periode 2 kebiasaan ( umur 1-4 bulan)

pada periode perkembangan ini bayi mulai membentuk sebuah kebiasaan yang dibuat dengan mencoba dan mengulang satu tindakan tersebut. Pada tahapan ini bayi mulai bisa membedakan benda-benda yang ada di sekitarnya.

Periode 3 yaitu reproduksi kejadian yang menarik ( 4-8 bulan)

pada periode ini Piaget dan inhelder 1969 mengamati seorang bayi mulai menjamah dan manipulasi objek apapun yang ada disekitarnya. Pada hal ini bayi menunjukkan sebuah koordinasi antara rasa jamah dan penglihatan.

  • Periode 4 koordinasi skemata (umur 8-12 bulan)

Pada tahapan ini seorang bayi bisa membedakan antara sarana dan hasil tindakan. Dan  sudah mulai menggunakannya untuk mencapai suatu hasil. Contohnya ia dapat menuangkan air dari sebuah wadah yang ada di tangannya.

  • Periode 5 eksperimen (umur 12-18 bulan)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun