Mohon tunggu...
Arinda Eka Savitri
Arinda Eka Savitri Mohon Tunggu... Libatkan Allah SWT dalam setiap langkahmu

IAIN Jember Fakultas tarbiyah dan ilmu keguruan Pendidikan agama Islam

Selanjutnya

Tutup

Filsafat

Aliran Materialisme dan Pemikiran Tokoh-tokohnya

2 Juni 2020   11:12 Diperbarui: 2 Juni 2020   11:11 2 0 0 Mohon Tunggu...

Assalamu'alaikum kawan, kali ini saya akan berbagi sedikit pengetahuan tentang materialisme. Silahkan dibaca dan dipahami ya!

-Pengertian materialisme
Secara istilah, materialisme merupakan suatu paham yang berpandangan bahwa hakikat materialisme adalah materi, bukan rohani maupun spiritual. Pandangan materialisme mereka adalah terhadap alam. Menurut mereka, alam semesta terdiri dari atom-atom, yang dikuasai oleh hukum-hukum. Atom-atom merupakan suatu bagian terkecil sampai mata kita tidak dapat melihatnya. Atom-atom tersebut bergerak dan hidup sehingga membentuk realitas pada panca indra kita.

Dapat juga dikatakan bahwa manusia mempunyai roh, jiwa atau kesadaran dan seorang materalis  tidak akan segan untuk mengatakan, maka hal itu tidak berarti bahwa mereka juga menerima unsur non-materil di dalam dunia atau dalam diri manusia. Apa yang mereka sebut kesadaran, jiwa atau roh ,pada akhirnya tidak lain yaitu sejumlah fungsi serta kegiatan otak. Juga kombinasi atom dan karena itu tidak pernah melampaui potensi-potensi jasmani.

Materialisme memang masih berbicara tentang refleksi diri, keinsafan sosial dan etis,tentang ilmu pengetahuan dan kebudayaan, tapi serentak berusaha untuk memyngkinkan adanya daya-daya materi. Namun ada juga materialis yang mempunyai cita-cita lebih tinggi dan menaruh perhatian yang lebih besar untuk suatu hal yang paling tinggi dibidang rohani, etis dan budaya.

Secara ontologis, materialisme berpandangan bahwa materi dulu baru ide. Materi adalah sesuatu yang ada, sedangkan yang tidak terlihat itu tidak ada. Begitu juga dengan alam ghaib baik roh, dan bahkan tuhan sekalipun itu tidak pernah terlihat. Bagi materalisme, materi menjadi penentu kehidupan manusia, termasuk strata sosial. Kebanyakan kita atau sekitar kita selalu melihat rendah orang lain melalui standart materi yang dimiliki.

Materialisme merupakan  paham yang bersandar pada alam materi. Paham ini tidak meyakini alam ghaib sebagai pengatur kehidupan mamusia tetapi yang mengatur adalah materi. Dalam bidang pendidikan. Baginya, pendidikan yg berkualitas adalah pendidikan yang memiliki fasilitas yang wah, semakin bagus fasilitasnya maka semakin bagus pendidikannya. Disisi lain, berkualitasnya pendidikan dari seberapa mahal membayarnya, semakin maham biaya pendidikan maka semakin bagus pendidikannya. Trend inilah yang selalu berada dalam otak orang2 eropa, dan kebanyakan orang indonesia mengikutinya.

-Pemikiran tokoh-tokoh materialisme
1. Ludwig Andreas Feuerbach
Ludwig Andreas Fuerbach mengemukakan suatu metafisika, dia adalah murid dari Hegel namun dia tidak terlalu setuju dengan pemikiran hagel, materialisme menurutnya suatu etika yang humanistis,dan suatu epistemology yang menjunjung tinggi pengenalan inderawi. Ia ingin mengganti idealisme Hegel (guru Feurbach) dengan materialisme. Ia berpendapat bahwa mana mungkin roh yang tidak nyata di jadikan sebagai acuan, dan yang benar dan mutlak itu adalah materi dan manusia karna materi dan manusia sudah benar adanya.

2.  Demokritos
Demokritos merupakan pelopor pandangan materialisme klasik, yang disebut juga dengan (atomisme). Ia adalah murid dari leo kipas, ia mengembangkan pemikiran tentang Atom (sesuatu yang begitu kecil sampai mata kita tidak dapat melihatnya). Demokritos menulis tentang astronomi, alam, sastra, etika dll. Menurutnya atom itu suatu benda yang hidup dan tidak dapat di lihat oleh panca indra manusia.

Semoga bermanfaat bagi kita semua, terimakasih.
Wassalamualaikum kawan.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x