Mohon tunggu...
Arina salsabella
Arina salsabella Mohon Tunggu... Cerita Pendek

Umum

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini

9 Mei 2021   04:25 Diperbarui: 9 Mei 2021   06:41 41 1 0 Mohon Tunggu...

Perkembangan bahasa pada masa kanak-kanak sangatlah penting karena pada masa kana-kanak ini merupakan masa yang paling tepat untuk seorang anak atau individu mengembangkan bahasanya. Karena pada masa ini juga merupakan fase pertumbuhan dan perkembangan yang paling pesat pada anak. Pada masa kana-kanak seperti ini biasanya sering disebut dengan masa Golden Age atau masa keemasan. 

Mengapa sering disebut dengan masa keemasan? Karena pada masa ini perkembangan bahasa, fisik motorik, intelektual, emosional, sosial, dan juga kognitifnya berlangsung secara cepat dan pesat. Masa kanak-kanak atau masa keemasan ini anak membutuhkan perhatian yang ekstra baik itu dari orang tua, pendidik, maupun lingkungan sekitar karena masa ini tidak dapat terulang untuk kedua kalinya dan masa ini juga menjadi penentu bagi kehidupan anak selanjutnya.

Seorang tokoh pendidikan anak usai dini yang terkenal yaitu Maria Montessori dalam Britton (1992:13) mengatakan bahwa mulai usia 0-6 tahun anak mengalami masa keemasan dan masa yang sangat peka atau sensitif terhadap sesuatu dalam menerima berbagai stimulus. Selama masa ini anak akan mudah menerima stimulus-stimulus dari lingkungan sekitarnya.

Sedangkan menurut Harlock dalam Alex Sobur (2003:133) mengatakan bahwa perkembangan anak di awal lebih penting daripada perkembangan anak pada masa-masa selanjutnya karena pada masa-masa awal anak dangat mudah dipengaruhi oleh belajar dan juga pengalamannya.

Perkembangan bahasa pada anak meliputi empat pengembangan yaitu menyimak, berbicara, membaca, dan juga menulis. Empat pengembangan tersebut harus dilakukan secara seimbang agar nantinya dapat memperoleh perkembangan yang optimal bagi anak.

Ada 3 aspek yang meliputi perkembangan bahasa yaitu :

1. Tata bahasa (pembentukan frasa)

    Tata bahasa salah satu hal yang berpengaruh bagi perkembangan psikologi kognitif pada tahun 1960 adalah analisis linguis, Noam Chomsky. Seorang ahli psikologi telah mengeksplorasi kemungkinan-kemungkinan bahwa seseorang individu dapat mempelajari bahasa dengan cara mempelajari asosiasi antara kedekatan kata-kata dalam sebuah kalimat.

2. Makna (penggunaan kata-kata dan Morfem)

    Pada tata bahasa telah ditekankan kalimat yang benar pada tata bahasa, namun bukan berarti kalimat yang benar pada tata bahasa itu bermakna sepenuhnya. Contohnya saja kalimat Chomsky yang paling terkenal yaitu "Colorless green ideas sleep furiosly". Jika kalian memperhatikan kalimat tersebut maka kalimat tersebut memang merupakan kalimat yang benar dalam tata bahasa tetapi kalimat tersebut tidak bermakna

3. Bunyi (memproduksi Fonem)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN