Mohon tunggu...
Arina Manasikana
Arina Manasikana Mohon Tunggu... Guru - Mahasiswa

Pendidikan Islam Anak Usia Dini/UIN MALIKI MALANG

Selanjutnya

Tutup

Cerpen

Perjalanan Masuk Kuliah

10 September 2019   23:23 Diperbarui: 10 September 2019   23:30 193
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Cerpen. Sumber ilustrasi: Unsplash

Berawal setelah saya lulus dari MA swasta di daerahku yang bernama MA Tarbiyatut Tholabah, tahun 2019. saya melanjutkan untuk mendaftar masuk ke perguruan tinggi. semula saya ingin masuk fakultas pendidikan di universitas negeri surabaya, karena cita-cita saya ingin menjadi guru PGPAUD. Namun karena saya gagal mengikuti jalur SNMPTN dan SBMPTN di UNESA, dan akhirnya saya bingung mau lanjutin kuliah dimana.

Akhirnya keluarga dekat saya yang bertempat tinggal di Malang mengajak saya untuk melanjutkan kuliah di Malang Pada tanggal 1 Juni 2019 saya mendaftar di Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahum Malang dan mengikuti tes pada tanggal 23 Juli 2019. 

Menunggu hampir 1 bulan akhirnya pengumuman kelulusan masuk UIN telah dibuka, pengumuman dibuka serentak pda jam 24.00 WIB pada saat itu saya membuka dengan perasaan yang sangat BIASA saja, dan alhamdulillah kabar duka tak lagi menyelimuti perasaan saya. Saya ketrima lewat jalur Mandiri dengan prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini.

Saat itu saya masih tidak percaya saya bisa masuk di kampus ini kenapa? karena yang mendaftar di kampus ini sangatlah banyak hampir 5000 peserta dan yang diterima tidak sampai setengah nya dari yang mendaftar.

Kini rasa senang bercampur kebingungan yang menghantui pikiran. Jiwa raga bekerja dengan sekuat tenaga untuk melengkapi syarat-syarat masuk dunia perkuliah an. 

Tinggal menghitung hari saya akan pergi merantau ke kota orang untuk menimba ilmu rasa hati masih ingin menetap dirumah, dan tidak ingin berpisah dengan keluarga. 

Hari yang ditunggu-tunggu kini sudah datang dan saatnya kini saya berpisah dengan keluarga meninggalkan rasa ke kanak-kanak an dan memulai berfikir secara dewasa  untuk 4 tahun kedepan. Kini cita-cita yang saya impikan ada di depan mata, kini semuanya telah berubah mulai dari teman,pelajaran,kegiatan dll, pertemanan saya di uji ketika awal datang di asrama semua temanku sangatlah pendiam, berbeda dengaku yang sangat cerewet dan tidak suka berdiam diri. 

Pertama kali saya masuk kuliah sangat takut, bingung sekali, entah kenapa hatiku sedih dan kenapa saya tidak seperti mereka yang memiliki banyak teman, apa saya salah kalau ingin seperti mereka dan bisa berbagi cerita tentang pengalaman. Saya kira kuliah sangatlah menyenangkan tetapi itu berbalik, ternyata kuliah itu ada masanya menyenangkan dan ada masanya membosankan. Awal masuk kuliah ini bisa juga disebut sebagai masa-masa transisi, yaitu dimana perubahan masa sekolah ke kuliah perlu dilakukan penyesuaian diri. Biasanya disekolah memakai pakaian seragam, sekrang memakai pakaian bebas tetapi tetap menjaga kesopanan dalam berpakaian. Dahulu jaman sekolah disebut siswa, kini disebutnya mahasiswa.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun