Mohon tunggu...
Ari Martono
Ari Martono Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Siswa Kanisius

Suka membaca

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno Pilihan

Menghadapi Dunia Masa Depan dengan Coding

30 November 2022   00:36 Diperbarui: 30 November 2022   00:44 101
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: gurusiana.id

Sejak 2 juta tahun yang lalu, manusia purba sudah membuat berbagai macam alat batu untuk membantu mereka dalam sehari-hari. Selama 2 juta tahun itu, manusia dan juga alat yang digunakan mereka mengalami perkembangan. Dari batu, besi-besi, sampai sekarang dimana segala hal menggunakan alat-alat elektronik. 

Banyak dilihat dalam kegiatan sehari-hari, bahwa semua orang akan menggunakan berbagai macam alat elektronik, seperti telepon genggam, laptop, computer, dan lain sebagainya. Karena ini kita harus dapat menghadapi perkembangan zaman ini.

Dunia dan penduduknya akan selalu berkembang, dan sekarang saatnya memasuki era revolusi industri 4.0. Sekarang pun banyak tenaga kerja manusia sudah diganti dengan robot. Untuk menghadapi perkembangan ini, kita harus dapat mengerti dan mempelajari berbagai hal seperti meningkatkan literasi digital kami. 

Selain itu, kita harus membuka lapangan kerja yang baru dalam bidang yang berbeda dan relevan, contohnya seperti programming atau coding. Karena perkembangan teknologi yang pesat ini, skill-skill seperti coding juga menjadi sebuah skill yang sangat dibutuhkan.

Coding itu Sebenarnya Apa?

Coding itu seperti berbicara dengan orang biasa, hanya coding itu berbicara dengan komputer. Jika kita ingin meminta orang untuk melakukan sesuatu, kita menggunakan bahasa yang mereka tahu.

Sehingga mereka dapat mengerti apa yang kita bicarakan dan dapat melakukan perintah yang kita berikan. Sama halnya seperti komputer, kita harus menggunakan bahasa yang dapat dimengerti oleh mereka sehingga komputer tersebut dapat melaksanakan perintah yang kita berikan. Komputer memiliki bahasa tersendiri yang disebut bahasa coding, contohnya seperti: Python, C++, Java, PHP, dan masih banyak lagi.

Mengapa Coding Penting dalam Masa Mendatang?

Pada 10–20 tahun kedepan, dunia akan lebih bergantung lagi terhadap komputer. Ketika zaman mulai maju, banyak sekali pekerjaan yang dahulunya dilakukan oleh manusia akan diganti oleh robot dan komputer. Sekarang pun sudah ada pekerjaan yang diambil oleh robot-robot karena perkembangan teknologi, pikirkan 10–20 tahun kedepan. 

Maka, salah satu pekerjaan yang dapat dilakukan oleh manusia untuk kedepannya adalah untuk mendesain dan membuat robot atau komputer untuk melakukan pekerjaan yang dilakukan oleh manusia. Semakin majunya zaman, akan lebih banyak hal yang dilakukan secara otomatis.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun