Mohon tunggu...
Arilia ondi mela
Arilia ondi mela Mohon Tunggu... Mahasiswa - Bahagia dengan menulis. Menulis Untuk Bahagia

Semangat selalu meraih cita-cita. Membaca untuk membuka wawasan. Tidak ada kata terlambat untuk selalu belajar dan berkembang.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Strategi Pemasaran Digital untuk Bisnis

28 November 2021   17:42 Diperbarui: 28 November 2021   17:43 225
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Di era digitalisasi ini dimana semua hal sudah berkembang menggunakan teknologi, termasuk berbisnis. Kini masyarakat memiliki banyak pilihan untuk berbelanja. Berbelanja offline maupun online. Sehingga pelaku bisnis tidak boleh duduk diam dan tidak mengikuti perkembangan zaman. Salah satu hal yang bisa dilakukan yaitu mencoba strategi terbaru agar produk yang akan dijual tetap bisa bersaing di pasaran. Salah satu cara yang diminati melalui teknologi yaitu dengan cara Social Media Endorsement.

Endorsement adalah ketika seorang tokoh publik mempromosikan suatu brand dan memberikan testimoni bagus atas produk atau jasa tersebut. Promosi tersebut dilakukan untuk menaikkan kesadaran masyarakat terkait produk yang ditawarkan, beserta berbagai promosi untuk menarik minat calon konsumen. Seringkali tokoh publik yang dipilih adalah artis atau selebgram.

Strategi Untuk Kemajuan Bisnis: 

Kenali Keadaan Pasar dan Tentukan Para Konsumen

Mengenali keadaan pasar sangat penting untuk bisnis. Apa yang diinginkan konsumen atau tren yang sedang banyak orang sukai dan perlukan saat ini. Siapa konsumen kita. Hal ini agar mempermudah fokus kepada produk kita agar dapat mengambil langkah selanjutnya.

Memilih Target Yang Sesuai 

Memilih target yang sesuai dengan produk yang akan dipasarkan, toko berpengaruh atau artis dan selebgram terkenal. Tentu target harus sesuai dengan jenis konsumen dan produk yang akan dipasarkan. Tujuan dari memilih target agar cakupan promosi produk menjadi lebih luas.

Jumlah Produk Harus Cukup

Jika menggunakan strategi endorsement dalam menggunakan produk tentu harus menyiapkan kemungkinan jika produk akan mengalami peningkatan permintaan dalam kurun waktu yang cepat. Karena setelah target melakukan endorsement dan dilihat oleh banyak orang tentu aka nada permintaan produk/ pemesanan. Tentu pelaku bisnis harus memenuhi permintaan yang akan terjadi agar segera bisa mendistribusikan produk kepada konsumen.

Menyiapkan Budget

Dari semua strategi yang diperlukan bagian yang penting adalah memyiapkan budget untuk endorser. Pastikan budget yang dikeluarkan sesuai dengan pendapatan bisnis agar tidak mengganggu kualitas produk yang ditawarkan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun