Mohon tunggu...
Arik Pratama
Arik Pratama Mohon Tunggu... Freelancer - Mahasiswa aktif

#Civiceducation

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan

Strategi Sosialisasi Politik

21 Januari 2022   20:15 Diperbarui: 21 Januari 2022   20:25 75 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pemerintahan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Strategi politik merupakan strategi yang digunakan oleh elit-elit politik untuk menginginkan cita-cita nya, Strategi-strategi politik bukan hanya dilakukan oleh partai politik dan pemerintah saja, tetapi juga dilakukan oleh organisasi non-pemerintah seperti serikat buruh dan kelompok pejuang lingkungan hidup.

Tanpa adanya strategi politik sebuah proyek besar sekalipun tidak akan dapat diwujudkan Perencanaan strategi politik merupakan suatu analisa yang gamblang dari tujuan akhir yang akan dicapai dan pusat dari segala kekuatan untuk mencapai tujuan yang dimaksud. metode yang digunakan dalam pelaksanaan sosialisasi biasanya secara langsung (tatap muka), dengan mengajarkan prilaku politik yang baik, semangat politik, mekanisme yang baik pada pemilu, serta menyampaikan informasi tentang tahapan, jadwal, dan program pemilu kepada masyarakat. Strategi politik yang dilakukan dalam berkampanye biasanya dengan cara datang ke sekolah, kampus, ataupun kelompok masyarakat.

Kemudian dengan memberikan sembako, uang panas, bahkan voucher belanja, Dalam kampanyenya para calon peserta politik mendengarkan para warga berkeluh kesah bahkan memberikan edukasi kepada masyarakat tentang proses berpolitik. Cara ini merupakan suatu poin penting agar masyarakat tahu bagaimana proses politik itu berjalan dengan seharusnya.

Keberadaan partai politik tidak dapat dilepaskan dari fungsi dan perannya dalam mengelola negara. Partai politik menjadi sebuah keharusan, sebab fungsi utama pada partai politik adalah bersaing untuk memenangkan pemilihan umum atau Pemilu, menampung segala aspirasi kepentingan masyarakat dan mempersiapkan calon pemimpin yang akan duduk dalam pemerintahan.

Partai politik adalah suatu kelompok terorganisir yang anggotanya mempunyai nilai-nilai, dan cita-cita yang sama. Tujuan kelompok ini untuk memperoleh kekuasaan politik dan merebut kedudukan politik  dengan cara konstitusional untuk melaksanakan programnya. Partai politik hadir sebagai perwakilan kepentingan masyarakat dalam organisasi negara. Kehadiran partai politik menjadi keharusan dalam sistem politik demokrasi yang dianut oleh suatu negara, oleh sebab itu partai politik harus berjuang keras melalui kader-kadernya untuk memperoleh simpati masyarakat hingga akhirnya mampu mewakili masyarakat baik di lembaga legislatif maupun eksekutif.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pemerintahan Selengkapnya
Lihat Pemerintahan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan