Mohon tunggu...
Ari Indarto
Ari Indarto Mohon Tunggu... Guru - Guru Kolese

Peristiwa | Cerita | Makna

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Artikel Utama

Career Day, Mengenal Profesi yang Mumpuni

20 Agustus 2023   17:00 Diperbarui: 24 Agustus 2023   00:55 296
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dekan FIB UI hadir dalam Career Day Kolese Kanisius, 18 Agustus 2023 (Dokumentasi pribadi)

Profesi. Pengalaman belajar bukan hanya diperoleh saat belajar di kelas. Pengalaman berinteraksi dengan mereka yang telah berkiprah dalam profesi yang digeluti menjadi sarana penting menentukan pilihan masa depan. 

Sebuah profesi selalu berhubungan dengan profesionalitas dalam pendidikan keahlian yang dicapainya. Keterampilan dan keahlian tidak hanya didasarkan pada pengalaman akademik, tetapi pembentukan karakter yang kuat ikut mendukung pemahaman mendalam akan bidang yang digeluti. 

Maka, sebenarnya pengembangan profesi selalu dikaitkan dengan etika yang mengatur perilaku dan interaksi profesional yang terjadi di tengah masyarakat. 

Pengembangan profesi memerlukan tingkat pengetahuan, keterampilan, dan pelatihan khusus dalam bidang tertentu. Karena itulah profesi biasanya selalu dikaitkan dengan pemahaman mendalam tentang bidang yang digeluti. Diharapkan seseorang yang profesional dalam bidang tertentu selalu menjalankan tugas-tugas dengan penuh tanggung jawab dan berkarakter. 

Karena pemilihan profesi sangat bergantung minat, bakat, nilai, dan tujuan hidup seseorang, mengenalkan profesi bagi siswa menjadi bagian penting dalam proses pembelajaran setiap anak.

Apalagi setiap profesi akan selalu menjadi bagian penting dari identitas seseorang dan akan memainkan peran penting dalam perkembangan sosial atau ekonomi seseorang, misalnya profesi dokter, insinyur, pengacara, akuntan, guru, perawat, arsitek, psikolog, dan lain sebagainya. 

Setiap profesi memiliki persyaratan pendidikan, pelatihan, dan sertifikasi yang berbeda, serta kode etik yang mengatur perilaku dan interaksi profesional antar masyarakat.

Pentingnya Mengenal Profesi

Menentukan profesi merupakan langkah penting dalam kehidupan seseorang karena memiliki setiap pilihan profesi berdampak besar terhadap berbagai aspek hidup, termasuk karier, keuangan, kepuasan pribadi, dan perkembangan pribadi. 

Setiap pilihan profesi akan sangat menentukan bagaimana setiap pribadi bermanfaat bagi masyarakat. Karena itulah, menentukan profesi yang sesuai dengan minat, kemampuan dan keinginan seyogyanya mendukung pilihan cara belajar. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun