Mohon tunggu...
Gita
Gita Mohon Tunggu... -

-

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Berenang Saat Banjir Bisa Sebabkan 3 Penyakit Ini

26 Februari 2020   06:16 Diperbarui: 1 Maret 2020   05:05 142 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Berenang Saat Banjir Bisa Sebabkan 3 Penyakit Ini
wartakotalive.com - Joko S

Saat banjir tiba, orang dewasa umumnya kesal dan panik. Keselamatan diri dan harta benda jadi prioritas. Namun ini tak selalu dipikirkan oleh remaja dan anak-anak.

Banjir di mana saja, remaja dan anak-anak justru gembira karena punya kolam renang gratis di depan rumah. Bahkan, sejumlah remaja membuat video Tik-Tok kocak untuk merayakan banjir, termasuk banjir yang kembali melanda ibu kota Jakarta hari-hari ini.

Berenang bersama saat banjir di kolam renang berwarna coklat susu memang tidak bikin hamil. Akan tetapi, ada sejumlah risiko kesehatan yang mengancam saat kita berenang atau berlama-lama terpapar air banjir. Ini tiga penyakit yang disebabkan air banjir. 

1. Leptospirosis

Dikutip dari laman Center for Disease Control and Pervention, leptospirosis adalah penyakit menular yang disebabkan oleh bakteri. Penyakit ini dapat menyebabkan infeksi fatal pada ginjal, hati, otak, paru-paru atau jantung.

Ada dua penularan leptospirosis:

1. Minum atau kontak dengan air (seperti dengan berenang) atau tanah yang telah terkontaminasi oleh urin atau cairan tubuh hewan yang terinfeksi

2. Terkena air kencing atau cairan tubuh hewan yang terinfeksi. 

Hewan yang berpotensi menyebarkan leptospirosis antara lain adalah tikus. Nah, hindarilah berlama-lama di air banjir karena air banjir bisa saja mengandung bakteri leptospirosis. 

Gejala leptospirosis adalah demam, panas dingin, sakit kepala, nyeri otot, muntah, diare, nyeri perut, kulit dan mata menguning, ruam kulit. 

Menurut Menteri Kesehatan, dr Terawan,saat membersihkan bekas banjir, masyarakat perlu melindungi diri dengan rajin mencuci tangan dengan air bersih dan memakai alas kaki.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x