Mohon tunggu...
Satu Cinta
Satu Cinta Mohon Tunggu... (Semua Tulisan Sudah Disetujui Kontributor untuk Dimuat di Akun Solidaritas Ini)

Akun gotong-royong untuk menolong sesama tanpa bedakan SARA. Setiap klik dan share artikel-artikel di akun ini adalah bantuan Anda untuk calon penerima bantuan. Tertarik menyumbang artikel dengan tetap mencantumkan nama Anda sebagai penulis? Tidak ada ikatan harus menulis rutin sebagai kontributor. Kontak: arigita@mail.com (ingat: mail.com) FB: https://www.facebook.com/satu.cinta.790256 Twitter: https://twitter.com/satucin09545161 Calon penerima bantuan hasil K-Rewards dua bulan ke depan: seorang anak kurang mampu (data terverifikasi)

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

Veronica Tan Mau Jadi Wali Kota Medan? Ini Analisisnya

17 Agustus 2019   14:01 Diperbarui: 19 Agustus 2019   08:20 0 1 1 Mohon Tunggu...
Veronica Tan Mau Jadi Wali Kota Medan? Ini Analisisnya
sumber: Instagram @veronicatan_official

Siapa tak kenal Veronica Tan? Ia lahir di Medan, 5 September 1977. Ia adalah anak pertama dari tiga bersaudara. Pendidikan sekolah dasar ia tempuh di Medan, kota kelahirannya. Setelah tamat SMA, ia dikirim oleh orang tuanya untuk kuliah di Jakarta. Veronica tinggal di rumah bibinya di Jakarta. 

Ia berkuliah di jurusan arsitektur Universitas Pelita Harapan Jakarta, tapi tidak menyelesaikan pendidikannya tersebut. Mengapa? Rupanya karena saat baru saja memulai perkuliahan di UPH Jakarta, Basuki Tjahaya Purnama atau Ahok melamarnya dan Veronika menerima lamaran itu. Veronica berusia 19 tahun saat menikah dengan Ahok pada September 1997.

Meski dibesarkan sebagai "anak kota", Veronica tak keberatan mengikuti suaminya yang pindah ke Pulau Belitung. Di Pulau Belitung itu, Ahok memiliki pabrik kuarsa. 

Veronica kiranya tak menduga bahwa ia pada akhirnya akan menjadi istri seorang politisi. Ya, Ahok, seorang pengusaha batu kuarsa, memutuskan untuk terjun ke dunia politik. Awalnya, Ahok menjadi anggota perwakilan rakyat daerah. Karier politik Ahok perlahan menanjak. Ahok terpilih sebagai Bupati Belitung Timur. Perjalanan politik Ahok makin panjang setelah ia menjadi wakil gubernur DKI Jakarta, dan akhirnya menjadi Gubernur DKI Jakarta setelah Joko Widodo, sang gubernur, terpilih menjadi Presiden.

Veronica si anak Medan yang tadinya bercita-cita sebagai arsitek pada akhirnya menjadi pendamping seorang suami yang malang-melintang dalam kancah perpolitikan tanah air. Di balik seorang laki-laki yang tangguh, ada sosok wanita yang tangguh pula. Di balik seorang Ahok yang tangguh, ada seorang Veronika yang tangguh pula. Sayangnya, kisah manis Veronica dan Ahok harus berakhir dengan perceraian, 4 April 2018. 

Veronica Tan Didukung Jadi Wali Kota Medan

Veronica Tan, pemain cello yang aktif di aneka kegiatan sosial, baru-baru ini didorong untuk menjadi calon Wali Kota Medan dalam pemilihan kepala daerah tahun 2020.

Generasi Optimis (GO) Indonesia baru-baru ini mendeklarasikan dukungan kepada mantan istri Basuki Tjahaja Purnama itu. Menurut Sekertaris Jendral GO Indonesia, Horas Sinaga, Veronica Tan dinilai mampu menjadi pemimpin Kota Medan, kota yang selama ini dinilai keras.

"Kota Medan perlu mendapatkan sentuhan khas seorang leader yang lembut tetapi sekaligus tegas dan kuat," papar Horas Sinaga dalam deklarasi di kawasan Jalan Raden Saleh, Jakarta Pusat, Jumat (16/8/2019).

Ketua GO Indonesia, Jeni Widia Ningrum menambahkan, Veronika dinilai sosok wanita tangguh, penyabar, dan ulet. "Ia juga terbukti pernah mendampingi seseorang dari zero sampai jadi hero." Tokoh yang dimaksud adalah Ahok.


Veronica Tan Mau Jadi Wali Kota Medan?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2