Mohon tunggu...
Gita
Gita Mohon Tunggu... -

-

Selanjutnya

Tutup

Digital

Yuma Soerianto, Bocah Pencipta App Dikagumi CEO Apple dan Jokowi

16 Agustus 2019   23:27 Diperbarui: 16 Agustus 2019   23:31 628 1 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Yuma Soerianto, Bocah Pencipta App Dikagumi CEO Apple dan Jokowi
CEO Aplle dan Yuma-Foto oleh Red Chester/news.com.au

Tahun 2017, seorang bocah sekolah dasar di Melbourne bernama Yuma Soerianto membuat CEO Apple, Tim Cook kagum. Waktu itu Yuma, bocah asal Jakarta yang bersekolah di Middle Park Primary School Melbourne, adalah peserta termuda dalam ajang the Worldwide Developers Conference, event tahunan terbesar yang diselenggarakan Apple.

Saat masih berusia enam tahun, Yuma Soerianto telah belajar bahasa pemrograman (coding). Mengapa? Yuma merasa PR dan tugas sekolahnya terlalu sederhana untuk dikerjakan. Yuma menciptakan app pertama tahun 2016. Kini Yuma telah menciptakan lima aplikasi (app) di App Store.
Lima aplikasi yang dibuat Yuma adalah:

1. Hunger Button: Yuma menciptakan aplikasi ini untuk membantu keluarga-keluarga menemukan restoran terdekat.

2. Let's Stack: permainan menyusun kotak-kotak. Yuma mendapat inspirasi membuat permainan Let's Stack setelah melihat permainan di St Kilda Luna Park. 

Keterangan dalam laman App Store Apple untuk permainan ini adalah: This game was made by Yuma Soerianto, a 10 year old iOS developer."

3. Kid Calculator: aplikasi kalkulator untuk anak-anak. Aplikasi ini penuh warna-warni dan efek suara yang membuat belajar matematika jadi menyenangkan

4. Weather Duck: aplikasi ini memberi informasi perkiraan cuaca dan memperingatkan penggunanya untuk memakai pakaian yang sesuai dengan cuaca. 

5. Pocket Poke: aplikasi ini menyediakan statistik tentang Pokemon, permainan yang digemari banyak orang di dunia.

Saat berjumpa dengan Yuma, Tom dibuat kagum karena Yuma menceritakan bahwa dirinya bisa membuat satu aplikasi hanya dalam satu jam saja. Tambah lagi, aplikasi itu dibuat Yuma di dalam pesawat, saat ia terbang dari Amerika ke Australia.

"Wow, kamu bisa membuat satu app dalam satu jam. Saya terkesan. Saya tak sabar menunggu apa yang bisa kamu lakukan di masa depan," puji Tom, sang CEO Apple.

Yuma, Bocah Ajaib Pencipta App itu Punya Banyak Ide dan Impian

Yuma bukan hanya pencipta aplikasi. Ia juga membantu anak-anak lain dan orang dewasa belajar bahasa pemrograman (coding) melalui kanal Youtubenya, "Anyone Can Code". Ia telah membuat 33 video di kanal Youtubenya ini. Pelanggan kanalnya sudah mencapai lebih dari 10 ribu!


Ketika ditanya apa impiannya, Yuma menjawab bahwa ia ingin membuat aplikasi yang bisa mengubah dunia. Yuma mengatakan bahwa bahasa pemrograman bisa dipelajari siapa saja, asal mau belajar, Yuma sendiri telah mempelajari bahasa pemrograman Swift yang ia gunakan untuk mencipta aplikasi dengan mengikuti kursus daring dari Stanford University.
Dalam mewujudkan aplikasi-aplikasi kreasinya, Yuma dibantu oleh ayahnya, Hendri. Hendri Soerianto adalah seorang desainer interaktif. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN