Mohon tunggu...
AyahArifTe
AyahArifTe Mohon Tunggu... Konsultan - Penulis, Ayah

Penulis dan seorang ayah yang ingin bermanfaat untuk orang lain. Mantan wartawan yang sekarang bekerja sama dengan wartawan sebagai konsultan PR.

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

Iriana Dampingi Jokowi ke Zona Perang, Diplomasi Kasih Sayang?

3 Juli 2022   08:15 Diperbarui: 4 Juli 2022   12:47 231 33 5
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Dok. Biro Pers Sek. Presiden - CNBCIndonesia.com

Takjub, takut, haru, khawatir maksimal … itulah perasaaan saya ketika menyaksikan Ibu Negara Iriana mendampingi Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) ke zona perang di Ukraina . Sekali lagi itu zona perang loh! Bahkan, ada berita beberapa jam sebelum Jokowi masuk wilayah Ukraina, sebuah mall di Kyiv dihantam roket Rusia.

Kok gak dilarang sih? Kok berani sih, ibuuu??? Kok … kok … ? Banyak pertanyaan yang berseliweran di benak saya. Rasanya ini kali pertama ada seorang Ibu Negara ke zona perang mendampingi Kepala Negara. Satu pemandangan yang sungguh di luar kebiasaan.

Sebelumnya, Ibu Negara Amerika Serikat, Jill Biden 8 Mei lalu juga sudah mengunjungi Ukraina bertemu dengan Ibu Negara Ukraina, Olena Zelenska. Tapi, pertemuan itu tak disebutkan lokasi dan memang tertutup. Olena sendiri sejak pertempuran pecah tak pernah terlihat di depan publik. Berita di washingtonpost.com hanya menayangkan video pertemuan mereka berdua berada di sebuah ruangan kecil.

"Yang penting di dunia itu tunjukan kasih sayang, bukan perang!”

Berbeda dengan Jill dan Olena, Iriana justru terlihat bersama Jokowi berjalan di antara beberapa gedung yang porak-poranda dengan lubang-lubang bekas hantaman roket pasukan Rusia. Ini yang bikin deg-degan.

Kemudian pikiran iseng saya berkata, “Ini pasti sejak awal sudah ditentang oleh Paspampres. Tidak mungkin mereka tidak menentang keikutsertaan Ibu Negara ke zona perang.”

Apakah ini ide Pak Jokowi? Hmm … mungkin juga sih. Jadi teringat ketika peristiwa demo 212 pada 2016 beliau yang tanpa takut keluar istana berjalan kaki menuju Lapangan Monas tempat puluhan ribu massa demo 212 berkumpul dan melakukan shalat Jumat bersama mereka.

cnbcindonesia.com
cnbcindonesia.com

Lalu pikiran iseng meronta dan membantah, “Tidak mungkin Pak Jokowi yang minta Ibu Iriana ikut. Itu zona perang loh! Kalau terjadi apa-apa gimana? Dan buat apa Pak Jokowi lakukan itu? Untuk caper (cari perhatian)? Sensasi? Pencitraan? Pak Jokowi sudah tidak punya hasrat pada hal-hal itu. Di Oktober 2024, masa jabatan presidennya sudah berakhir. Buat apa bikin sensasi?”

Jabatan Indonesia yang sedang memegang tampuk Presidensi G-20 pun tidak cukup untuk menguatkan alasan Ibu Iriana ikut dalam kunjungan Jokowi ke Ukraina.

Pikiran iseng saya pun makin iseng, “Jangan-jangan ini ide Ibu Iriana sendiri?”

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Politik Selengkapnya
Lihat Politik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan