Mohon tunggu...
Arif Rahman
Arif Rahman Mohon Tunggu... Instagram @arifrahman.journal

Terobsesi dengan orang-orang yang berhasil dengan berbagai keterbatasan. www.arifrahman.id

Selanjutnya

Tutup

Kotaksuara Pilihan

Mozaic Mural Abstrak, Baliho Para Caleg

27 Maret 2019   09:08 Diperbarui: 27 Maret 2019   09:30 0 0 0 Mohon Tunggu...
Mozaic Mural Abstrak, Baliho Para Caleg
Freepik.com gambar diolah

Tadinya saya pikir itu mozaic mural abstrak karya adik-adik TK, kalo dilihat dari kejauhan. Tapi begitu dekat, baru tampak jelas, rupanya kumpulan baliho dari para Caleg yang penuh rona dan warna, seolah saling berlomba mana yang paling dinamis dan nge-pop ^_^.

Gimana nggak rame, dalam 1 baliho, isinya tumplek blek dengan macam-macam warna dan gambar, ada gambar tokoh pendiri partai, ada gambar tokoh ketua umum partainya, ada gambar burung garudanya, ada gambar logo partainya, ada no urut partainya, ada no urut si caleg sendiri, dan background warna partai dengan watermark bendera Indonesia merah putih.. , dan pada beberapa baliho, ada gambar tokoh Calegnya dipojok kanan bawah yang nyempil he..he.. padahal baliho ini iklan agar masyarakat milih yang bersangkutan.

Dalam dua kesempatan kelas dimana saya berbagi cerita soal Marketing Writing, saya tanya puluhan peserta yang hadir, apa diantara mereka ada yang ngeh sama caleg di daerah mereka? Hampir semua bilangnya 'nggak', padahal udah sebanyak itu baliho yang dipasang. Kalo ini jadi sample studi saya untuk elektabilitas, maka bisa diasumsikan komunikasi melalui baliho yang dilakukan para caleg ini gatot, alias gagal total.

Yang namanya Baliho di pinggir jalan, itu pesan singkat yang dilihat orang secara lalu lalang, makanya konsep baliho harus di buat sesederhana mungkin. Kalo saya penasihat komunikasi partai, atau agen komunikasi caleg, maka saya sarankan :

  • Agar baliho itu dibuat dengan background 1 warna saja, pilih warna solid, yang pas dengan warna partainya.
  • Kasih nama Caleg dan no urutnya yang besar, kasih stroke kalo perlu, pake font Arial, jangan yang aneh-aneh.
  • Pasang logo partainya
  • Sampaikan 1 slogan pendek soal misinya. Misal kalo di dapil Denpasar Selatan, yang air PDAM nya sering ngadat kalo siang hari, maka pesan yang disampaikan soal solusi masalah itu saja, misal, 'memastikan kelancaran air bersih setiap saat'. Itu aja sudah cukup.
  • Jangan lupa 'Call To Action' nya, kasih tulsian Coblos No...

Jadi jangan semua hal dimasukkan dalam baliho yang kadang ukurannya cuma 2x2 meter, yang malah dari kejauhan, mirip mural abstrak karya adik-adik di taman kanak-kanak

KONTEN MENARIK LAINNYA
x