Mohon tunggu...
A. Pangerans
A. Pangerans Mohon Tunggu... Belajar menulis

Menulis untuk rekreasi

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan Pilihan

Anies Telah Menyediakan 3 Hotel BUMD, Bagaimana Kepala Daerah Lain?

26 Maret 2020   23:33 Diperbarui: 26 Maret 2020   23:28 35 10 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Anies Telah Menyediakan 3 Hotel BUMD, Bagaimana Kepala Daerah Lain?
IndonesiaDermawan.id

Tenaga medis dan para medis ada pada garda terdepan dalam perawatan pasien corona. Perlakuan pada mereka harus sangat istimewa. Mengingat rentannya mereka terhadap penularan dan penyebaran covid-19.

Di samping itu tenaga medis dan para medis perlu mendapat tempat yang aman dan nyaman baik ketika bertugas, maupun ketika 14 hari observasi setelah mereka bekerja.

Setelah beberapa hari lalu beberapa perawat yang merawat pasien positif corona terusir dari tempat kosnya. Sungguh berita yang mengiris dada kita semua.

Untuk menanggulangi masalah tersebut, gubernur Jakarta telah mengambil langkah dengan menjadikan 3 hotel milik BUMD untuk dijadinan rumah singgah pagi petugas kesehatan tersebut.

Seperti dilansir laman liputan6.com dalam tajuk, Anies: 3 Hotel BUMD Siap Digunakan untuk Tempat Tinggal Tenaga Medis Covid 19 (26/3/2020)

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan, pihaknya akan menyediakan tiga hotel tambahan milik BUMD DKI untuk tempat tinggal sementara untuk para tenaga medis yang mengurusi pasien Covid-19.

Hal tersebut diungkapkannya melalui posting-an di media sosial Facebook resmi milik Anies Baswedan yang dikutip Liputan6.com, Kamis (26/3/2020).

Sementara kita ketahui bahwa pasien positif corona tidak saja berada di Jakarta. Mereka tidak hanya berada di wisma atlit saja yang diubah jadi tempat isolasi perawatan pasien positif corona.

Banyak pasien positif corona di daerah lain, sekiranya menanti sekian banyak lagi perawat dan dokter yang terusir dari rumah tinggalnya atau tempat kosnya pasti akan menjadikan berita yang mengiris dada lagi.

Oleh karena itu. Para kepala daerah sudah selayaknya meniru kebijakan Anies dengan menjadikan hotel milik BUMD untuk dijadikan tempat nginap sementara hingga masalah covid-19 ini selesai.

Tidak perlu menunggu terlalu lama, ayo para kepala daerah, Anies telah memberi palajaran berharga pada kepala daerah se Indonesia. Antisipasi dengan menyediakan rumah tinggal sementara pada petugas kesehatan yang menangani pasien positif corona perlu diberikan segera.

Rasa tenang dalam bekerja bagi para dokter dan perawat yang bertugas menangani pasien positif corona harus juga menjadi prioritas utama. Di samping ADP yang ketersediannya masih perlu ditambah lagi.

Saya rasa setiap daerah pasti memiliki tempat yang layak untuk digunakan dokter dan perawat yang saat ini menangani pasien positif corona. Dengan keuntungan, ketika mereka berada pada satu tempat yang sama selain keberadaannya dalam pantauan dan koordinasi yang mudah.

Secara psikis mereka pasti akan merasa tenang tanpa ada penguclan oleh masyarakat yang belum mengerti tentang tugas dan tanggung jawabnya yang begitu berat.

Bagaana pun, suasa kebatinan para dokter dan perawat patut kita jaga. Hingga akhirnya suasana kerja mereka nyaman dan aman. Para petugas kesehatan adalah pahlawan covid-19. Mereka layak mendapatkan tanda saja.

VIDEO PILIHAN