Mohon tunggu...
ARIF NURROKHIM
ARIF NURROKHIM Mohon Tunggu... Mahasiswa_Prodi D-IV Instrumentasi MKG_STMKG Jakarta

Saya Arif Nurrokhim, taruna/mahasiswa STMKG Jakarta angkatan 2019 jurusan Instrumentasi MKG. Alamat saya di Senden, RT 03, Rw 035 Purwobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta 55582.

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan

Khutbah Jumat tentang Sedekah di Masa Pandemi

12 April 2021   08:08 Diperbarui: 12 April 2021   08:17 258 0 0 Mohon Tunggu...

Jamaah Jumat Rahimakumullah

Marilah kita senantiasa memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang senantiasa melimpahkan kenikmatan, kesempatan, dan kesehatan kepada kita sehingga kita dapat melaksanakan ibadah salat jumat dalam keadaan sehat wal afiat. Sholawat serta salam kita haturkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW yang kita nantikan syafaatnya nanti di hari kiamat. Aamiin.

Tidak lupa juga, marilah kita senantiasa meningkatkan kualitas ketakwaan kita kepada Allah SWT dengan menjalankan perintah Allah SWT dan meningalkan larangan-larangan-Nya. 

Hadirin yang dirahmati Allah

Mengawali khutbah jumat kali ini, khatib akan menyampaikan sebuah hadits yang memiliki makna dalam bagi kehidupan manusia. Hadits ini diriwayatkan oleh Imam Ahmad bin Hanbal:

"Setiap jiwa diwajibkan bersedekah setiap hari setiap matahari terbit. maka berbuat adil di antara dua orang adalah sedekah. Dan memilihkan seekor binatang untuk dipilih maka itu adalah sedekah. Menghiasinya adalah sedekah. Dan menyingkirkan duri dari jalan merupakan sedekah. Mengucapkan perkataan yang baik adalah sedekah. Dan setiap langkah menuju sholat juga adalah sedekah. " (HR. Ahmad).

Hadits di atas berbicara pentingnya sedekah dalam kehidupan seorang muslim karena sedekah adalah bagian tak terpisahkan dari keberhasilan manusia, baik sebagai hamba maupun sebagai khalifah.

Sedekah memiliki makna yang sangat luas. Setiap orang dalam keadaan apa saja dapat melakukannya. Sedekah tidak dibatasi dalam bentuk materi yang hanya orang-orang mampu yang bisa melakukannya. Orang-orang yang tak mampu pun bisa bersedekah dengan perbuatan baik kepada sesama. Hadits di atas menjelaskan bahwa ucapan yang menyejukkan hati atau memberi senyum simpatik pada orang lain juga merupakan sedekah. Tidak dipersoalkan sedekah itu banyak atau sedikit, berupa materi atau pun bukan, tapi yang penting ialah hasrat dan niat yang suci untuk mengukir jasa baik dalam hidup ini. Begitulah Islam mendidik manusia dengan nilai-nilai kebaikan..

Pada musim pandemi Covid-19 seperti ini, kita dituntut untuk menunjukkan kepedulian kita. Instruksi pemerintah agar semua orang di rumah saja, membuat banyak orang kehilangan pekerjaannya, banyak orang menjadi pengangguran, banyak orang tidak lagi bisa mengais rezeki, banyak orang yang membutuhkan bantuan untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari. Pada masa seperti saat ini, ajaran agama menyerukan kepada kita agar berempati dan menunjukkan solidaritas kepada sesama anak bangsa. Banyak hal yang bisa kita lakukan. Di antaranya adalah sedekah.

Ma'asyiral Muslimin rahimakumullah Dalam sebuah hadits, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda yang maknanya: "Perbuatan-perbuatan baik akan melindungi kita dari berbagai keburukan dan sedekah yang dilakukan sembunyi-sembunyi akan menghindarkan diri kita dari siksa Tuhan" (HR ath-Thabarani)

Hadits ini mengajak kita untuk melakukan berbagai kebaikan, di antaranya sedekah. Hadits ini juga menjelaskan bahwa perbuatan baik yang kita lakukan, baik sedekah atau pun perbuatan-perbuatan baik lainnya dapat menjadi sebab terhindarnya kita dari bermacam-macam keburukan dan berbagai musibah. Oleh karena itu, kaum muslimin yang dirahmati Allah, marilah kita bersedekah dan melakukan berbagai kebaikan di masa-masa sulit seperti sekarang ini. Jangan menunggu sampai kita terkena wabah dan musibah, baru kita bersedekah. Kita lakukan sedekah sekarang supaya kita terhindar dari berbagai musibah dan wabah penyakit.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x