Mohon tunggu...
Arif Muliyadi
Arif Muliyadi Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Editor, Fotografer, Videografer

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

Wisata Wilayah (Hutan Lindung)

7 Oktober 2022   10:00 Diperbarui: 7 Oktober 2022   10:06 141 7 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Travel. Sumber ilustrasi: PEXELS/Jcomp


Pariwisata merupakan tempat rekreasi yang sering di kunjungi pada saat hari weekend maupun hari libur nasional. selain bisa refreshing, menambah ilmu, juga menjalin keakraban bersama teman, saudara, bahkan keluarga.

Setiap hari weekend ataupun hari libur nasional saya selalu menginginkan untuk liburan ke suatu tempat destinasi wisata, apalagi saya seorang yang mempunyai hobi traveling. pariwisata merupakan tempat yang sangat banyak orang minati. Bukan hanya saja di luar negeri tetapi di Indonesia sendiri tidak kalah menarik dari segi tempat wisata yang sangat banyak dan juga indah untuk di pandang.

Baru saja Minggu lalu saya mengikuti kegiatan Forum Lembaga Legislatif Mahasiswa Indonesia (FL2MI) ke VII wilayah Aceh di IAIN Zawiyah Cot Kala Langsa. Kebetulan di hari terakhir acara, ada jadwal fiel trip ke Hutan Lindung Langsa yang berada sekitar 6 kilometer dengan jarak tempuh kurang lebih sekitar 20 menit dari kota Langsa.

Hutan Lindung Kota Langsa merupakan hutan lindung yang juga menjadi tujuan wisata favorit di Kota Langsa, hutan ini memiliki banyak hewan flora dan fauna. Hutan lindung ini bukan hanya sebagai tujuan wisata saja, tapi menjadi tempat media edukasi bagi masyarakat. Apalagi hutan lindung ini merupakan salah satu hutan tropis yang harus kita jaga atau kita lestarikan karena hutan lindung mempunyai banyak manfaat salah satunya seperti pasokan oksigen, sebagai penyimpanan sumber air, tempat manusia beristirahat dan lain sebagainya.

Di hutan lindung saya sangat tertarik dari alamnya yang masih sangat asri dengan alam yang masih sangat terjaga. Hutan lindung ini sangat tersusun rapi dengan berbagai jenis pepohonan seperti damar ,sawit dan masih ada beberapa tumbuhan lainnya. Selain tumbuhan, hewan juga memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan, dimana ada beberapa hewan seperti Kuda, Rusa, Buaya, ular, dan beberapa hewan lainnya yang dapat kita liat.

Selain sajian flora dan fauna yang memukau, hutan lindung ini menghadirkan berbagai wahana permainan sehingga membuat pengunjung tidak merasa bosan. Serunya permainan seperti Sepeda Air, Sepeda Gantung, Scooter, jembatan gantung dan masih ada banyak lagi yang dapat kita nikmati sembari menghirub udara yang terjaga didalam hutan.

Kemudian rumah pohon dan rumah adat juga ada di dalam hutan lindung tersebut. Rumah adat yang berada di hutan lindung berfungsi sebagai tempat edukasi untuk anak-anak, mahasiswa, dan juga masyarakat yang tidak pernah melihat bagaimana bentuknya secara langsung dan juga supaya masyarakat tidak lupa akan Konsep bangunan rumah adat yang dibangun layaknya rumah tempo dulu yang terkesan unik. 

Pada saat di sana rumah pohon tersebut tidak bisa digunakan untuk spot foto lagi, dikarenakan tidak layaknya kayu atau bangunan tersebut sudah rusak. Sedangkan rumah adat sangat di jaga sekali oleh warga yang mengelolanya tapi sangat di sayangkan rumah adat tersebut tidak boleh kita masuki dikarenakan belum adanya serah terima pada pemerintah wisata.

Tidak hanya itu saja, dengan adanya hutan lindung ini salah satu bentuk upaya kita dalam melestarikan hutan tropis yang ada di Indonesia. Adanya hutan lindung ini, bisa membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat setempat. Karena pada saat saya di hutan lindung tersebut banyak sekali orang berjualan dengan berbagai jenis makanan bahkan sampai ke kerajinan tangan.

Untuk memasuki Hutan Lindung keumuning Langsa, wisatawan dapat membayar tiket masuk sebesar Rp. 2.000. Tempat wisata ini dibuka mulai dari pukul 08:00 WIB hingga pukul 17:00 WIB.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan