Mohon tunggu...
Arifin Muhammad Ade
Arifin Muhammad Ade Mohon Tunggu... Pegiat Fola Literasi TOBACCA

"Aku tidak punya cukup uang untuk mengelilingi dunia, tapi dengan buku aku dapat mengenal dunia"

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Homo Deus dalam Ancaman Covid-19

6 April 2020   10:12 Diperbarui: 6 April 2020   12:07 706 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Homo Deus dalam Ancaman Covid-19
img-20200331-184233-hdr-5e8ab7fc50dc772465404c92.jpg

Sangat mungkin epidemi besar akan terus membahayakan manusia pada masa depan hanya jika umat manusia sendiri yang menciptakannya, demi kepentingan ideologi yang kejam. Era ketika manusia berdiri tak berdaya dihadapan epidemi alamiah mungkin sudah usai. Namun, kita bisa saja keliru (Harari, 2018: 15).

Yuval Noah Harari dalam buku Homo Deus (2018), menceritakan bahwa terdapat tiga masalah besar yang selalu menyibukkan pikiran orang China abad ke 20, orang India abad pertengahan dan orang Mesir kuno. 

Tiga masalah tersebut yaitu kelaparan, wabah, dan perang. Generasi demi generasi manusia sudah berdoa kepada Tuhan, Malaikat, dan Santa, serta telah menemukan tak terhitung alat, institusi, dan sistem sosial, tetapi mereka terus mati dalam jumlah jutaan akibat kelaparan, epidemi, dan kekerasan.

Tiga permasalahan besar yang selalu menghantui kehidupan umat manusia di muka bumi tersebut disebabkan karena, sepanjang sejarah masyarakat merasakan semua itu sebagai masalah yang tidak bisa dipecahkan sehingga menganggap tidak ada gunanya berusaha mengakhiri masalah-masalah tersebut. 

Orang-orang telah berdoa kepada Tuhan untuk menurunkan keajaiban, tetapi mereka sendiri tidak berbuat serius untuk menghentikan masalah kelaparan, wabah, dan peperangan.

Salah satu dari tiga masalah besar yang akan terus membahayakan umat manusia sekaligus sebagai pembahasan dalam tulisan ini adalah serangan wabah penyakit, virus mematikan yang dalam sekejab dapat menghilangkan jutaan nyawa manusia.

Mengenai serangan wabah penyakit, umat manusia saat ini tengah digemparkan dengan ancaman virus Corona (Covid-19). Penyebaran virus Corona yang mengancam manusia saat ini bahkan mengalihkan perhatian dunia. 

Hal ini karena virus tersebut dapat merenggut banyak nyawa dalam jangka waktu yang relatif singkat. Sementara vaksin yang dapat digunakan untuk membunuh virus tersebut hingga kini masih dalam tahapan uji laboratorium.

Berbicara tentang wabah, sesungguhnya bukan suatu hal baru kehidupan manusia diteror oleh wabah global. Pada abad ke 21 saja, terjadi beberapa kasus wabah yang mendunia. 

Seperti wabah SARS (Severe Acute Respiratory Syndrome), Flu Babi (H1N1), Flu Burung (H7N9), MERS (Middle East Respirator Syndrome), dan Ebola. 

Bahkan wabah global yang disebabkan oleh Virus Corona pernah terjadi pada tahun 2003. Hanya saja saat itu wabah tersebut lebih populer dengan sebutan SARS atau Sindrom Pernapasan Akut Berat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN