Mohon tunggu...
Arifatul Ulla
Arifatul Ulla Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Hobi membaca

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Peningkatkan Potensi Anak dalam Meraih Prestasi dengan Mengenali Minat Bakat

26 September 2022   12:25 Diperbarui: 26 September 2022   12:32 110 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pandemi covid 19 telah menyerang hampir seluruh bagian di dunia. Tentu saja hal ini memberikan pengaruh besar dalam kegiatan manusia sehari hari termasuk dalam dunia pembelajaran. 

Maka dari itu Universitas Muhammadiyah Malang  mengadakan program baru yakni PMM ( Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa ) . Program ini di luncurkan sebagai penganti sementara KKN yang ketetapannya disesuaikan dengan keadaan saat ini.

Untuk menyukseskan program pemerintah dalam memotong tali penyebaran virus covid-19 kami mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang ikut berkontribusi dalam membantu dengan cara sosialisasi perilaku hidup sehat dan strategi dalam rangka pencegahan Covid-19 yang masih melunjak saat ini di era new normal. 

Mulai tanggal 29 Agustus 2022 -- 26 September 2022 Mahasiswa PMM Kelompok 89 gelombang 8 yang teridiri dari Ahmad Mauludy Firmansyah, Muhammad Rafi Ramadhan, Arifatul Ulla, Azma Tazkiyatun, dan Salman Izzaki Al Hafizh sebagai koordinator kelompok melakukan pengabdian di SDN Kepuharjo Jl. Tenaga No.1, Turi, Kepuharjo, Kec. Karang ploso, Kab. Malang, Jawa Timur. 

Dengan diadakannya penyuluhan pola hidup sehat ini dapat mendukung peningkatan prestasi anak dikala pandemi covid-19.

Tujuan utama PMM ini adalah untuk meningkatkan bakat pada masing-masing anak di SDN Kepuharjo yang berbeda satu sama lain dengan cara mengenali kemampuan masing-masing anak seperti seni (menggambar, membaca puisi, menyanyi, melukis, dll), olahraga (basket, sepak bola, volley, dll), dan kemampuan Bahasa asing. 

Agar anak bisa lebih mengeksplorasi diri dalam lingkungan nya karena dengan memahami bakat yang mereka miliki, kita bisa mendapat gambaran tentang tingkat penguasaan pengetahuan serta kedalaman materi. Menjadi pribadi yang luar biasa dan mampu bertahan dengan segala perubahan zaman yang datang silih berganti.

Memiliki buah hati yang berprestasi merupakan harapan bagi seluruh orang tua untuk menjadikan anak berprestasi sebagai orang tua harus mengetahui apa minat dan bakat buah hatinya serta potensi apa yang ada pada diri buah hatinya.

 Dalam meningkatkan potensi anak dalam meraih prestasi dapat menggunakan cara dengan mengenali minat bakat mereka. Hal ini bisa di terapkan pada lingkungan sekolah. Karena sekolah merupakan wadah pendidikan bagi siswa tidak hanya sebagai tempat untuk menuntut ilmu tetapi juga sebagai tempat untuk menyalurkan serta mengembangkan minat dan bakat dan mengali potensi yang dimiliki oleh siswa. 

Para tenaga pendidik dan guru memberikan arahan dalam proses pembelajaran berlangsung di dalam lingkungan sekolah. 

Dalam proses peningkatan potensi siswa secara optimal tenaga pendidik dan guru harus mampu menciptakan lingkungan sekolah yang mendukung , selain siswa di gali potensinya di bidang akademik tetapi juga pada bidang non-akademik agar pertumbuhan siswa dapat maksimal dan seimbang. Pendidikan yang bertumpu pada anak mengarah pada peningkatan kualitas diri dalam mengelola pendidikannya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan