Mohon tunggu...
Arifatul azizah
Arifatul azizah Mohon Tunggu... Mahasiswa IAIN Jember

Berusaha & Bersyukur Ig: rifaazizah6 06 Mei❤

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Siapa Guru Pertama dalam Hidup Kita?

27 Maret 2020   11:34 Diperbarui: 27 Maret 2020   12:23 23 7 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Siapa Guru Pertama dalam Hidup Kita?
goodreads.com

Halo sobat kompasianer yang selalu setia membaca artikel-artikel dari saya :). Semoga kita semua sehat selalu. Artikel saya kali ini membahas tentang siapa sebenarnya guru pertama dalam hidup kita.

Kita semua pasti pernah mengenyam pendidikan dibangku sekolah kan? Dan di sekolah pasti selalu ada guru. Tapi, apakah guru di sekolah adalah guru pertama dalam hidup kita? Bukan. Guru pertama dalam hidup kita adalah orang tua kita masing-masing.

Orang tua yang telah mengajari kita berbagai hal sejak kita masih kecil. Orang tua yang mengajari kita berjalan, cara makan, sopan santun, dan masih banyak hal yang lainnya. Mereka dengan telaten dan penuh dengan kesabaran mengajari anak-anaknya sampai bisa. Dan setiap gerak-gerik atau perilaku dari orang tua pasti selalu diikuti atau ditirukan oleh anak-anaknya.

Untuk itu orang tua lah yang sebenarnya berperan penting dalam pendidikan anak. Karena mereka adalah guru pertama. Maka dari itu sebagai anak harus patuh kepada orang tua.

Mungkin banyak yang berpikir bahwa orang tuanya sering marah-marah kepadanya. Sebenarnya marah-marah tersebut juga bentuk pendidikan kepada anak. Memang marah-marah merupakan cara yang kurang baik dalam mendidik anak, tetapi marah juga perlu asalkan masih dalam batas wajar. Jika seorang anak salah dan tidak dimarahi atau ditegur oleh orang tua, maka anak tersebut akan salah seterusnya.

VIDEO PILIHAN