Mohon tunggu...
Arif Prasetiyo
Arif Prasetiyo Mohon Tunggu... Mahasiswa

Mencoba Berkarya

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Mari Kita Kurangi Penggunaan Sampah Plastik untuk Menyelamatkan Dunia

17 Januari 2021   01:11 Diperbarui: 17 Januari 2021   03:55 125 1 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mari Kita Kurangi Penggunaan Sampah Plastik untuk Menyelamatkan Dunia
theconversation.com

Banyak yang kita ketahui tentang sampah,terutama sampah plastik sampah plastik merupakan sampah yang sulit ter urai di tanah. Sehingga banyaknya sampah plastik banyak juga yang di rugikan. Banyak orang yang masih belum paham tentang bagaimana cara mengolah sampah plastic menjadi barang yang bermanfaat.

Sudah banyak masyarakat yang sudah membuat gerakan untuk mengolah sampah menjadi barang yang bermanfaat, dan gerakan tersebut juga ada komunitasnya.biasanya mereka mengolah sampah plastik atau mendaur ulangnya untuk membuat seperti vas bunga, gelas, perabotan rumah yang unik unik.

Contohnya adalah bungkus kopi, jajanan ringan yang kemasanya menggunakan plastik di daur ulang menjadi tas, dompet dan sebagainya. supermarket di sebagian daerah juga sebagian menerapkan jika berbelanja untuk membawa tas belanjaan sendiri atau di alih fungsikan dengan kertas.

Contohnya adalah McDonald’s jika kamu take away ataupun dine in menerapkan membungkus makanan nya dengan kertas dan jika dine in piring dan gelas menggunakan kertas juga.karena kertas yang mudah terurai oleh tanah dan ramah lingkungan. Dampak jika kita terlalu banyak menggunakan sampah plastic tidak hanya manusia yang terkena dampaknya, hewan pun terkena dampaknya.banyak hewan di laut yang memakan sampah plastic dan menyebabkan kematian.

Merasa di rugikan nya lagi jika hewan tersebut adalah hewan langka,maka dari itu membuang dan menggunakan sampah plastic terlalu berlebihan membuat dampak ekosistem laut mati perlahan. Oleh karna itu kita harus mengurangi sampah plastik dan membuang sampah pada tempatnya dan mendaur ulang sampah agar sampah plastik yang ada di bumi berkurang dan bisa menjadi barang yang bermanfaat dan unik jika di daur ulang.

PENULIS: Arif Prasetiyo & Erodah Mutamimah

VIDEO PILIHAN