Mohon tunggu...
arie oktari
arie oktari Mohon Tunggu... Seniman - sutradara

tak pernah berhenti berkreasi, karna dengan kreatifitas, apapun itu kita bisa hidup lebih baik

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Cara Mudah Mengenal dan Meng-Upgrade Diri

26 September 2022   15:36 Diperbarui: 26 September 2022   15:41 159 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Lyfe. Sumber ilustrasi: FREEPIK/8photo

Mayoritas orang, belum sepenuhnya mengenal diri mereka sendiri. Mengapa dikatakan demikian? Cobalah tanya diri anda sendiri. Apakah anda sudah benar -- benar mengenal diri anda? 

Apakah semua yang ada pada diri anda sudah anda optimalkan? Apakah baik buruknya anda sudah anda kenali? Mayoritas orang hanya mengetahui apa yang dikatakan orang tentang dirinya. Lalu apakah anda memang seperti yang dikatakan orang disekitar anda? Ataukah anda hanya membangun pribadi itu, alias berakting?

Sebelum anda menerka -- nerka seperti apa sebenarnya diri anda, cobalah menenangkan diri sejenak. Tarik nafas yang dalam, buka pikiran anda dan katakan pada diri anda bahwa anda ingin mengenal diri anda lebih dalam sambil hembuskan nafas perlahan. Setelah itu siapkan kertas dan alat untuk menulis.

Berikut tips bagaimana cara mengenal diri anda sendiri.

1. Tuliskan minimal 3 dan maksimal 10 kelebihan anda dengan jujur.

Pikirkanlah kelebihan -- kelebihan anda selama ini. Tulislah dengan jujur karena ini berkaitan dengan diri anda sendiri. Jangan melebihkan -- lebihkan kelebihan anda. 

Cukup tulis dengan sederhana. Misalnya, kelebihan saya : suka menolong, bisa melukis atau menggambar, menguasai public speaking, dsb. Yang terpenting adalah kejujuran anda, agar anda bisa mengetahui jati diri anda.

2. Tulislah kekurangan anda sebanyak kelebihan anda yang sudah anda tuliskan sebelumnya.

Seperti kelebihan anda, tentunya anda pun mempunyai kekurangan. Pikirkanlah kekurangan anda selama ini. Tuliskan itu sebanyak kelebihan yang telah anda tuliskan. 

Jika anda menuliskan 10 kelebihan, maka tuliskan pula 10 kekurangan anda agar seimbang. Perlu anda ketahui juga, bahwa kekurangan bukanlah hal yang dibenci, agar nantinya anda tidak salah menilai diri anda. 

Misalnya, saya tidak suka naik gunung. Hal tersebut bukanlah kekurangan. Contoh kekurangan yang biasa ada pada manusia yaitu, malu tanpa sebab atau pemalu, kurang prihatin terhadap sesama, kurang perhatian, dsb. Sekali lagi yang terpenting adalah kejujuran anda sendiri.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan