Mohon tunggu...
Ariel Jusuf Indrastata
Ariel Jusuf Indrastata Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa UPI

Halo

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

KKN Tematik UPI 2021: Mengembangkan Daya Literasi Siswa Sekolah Dasar di Masa Pandemi

28 September 2021   17:46 Diperbarui: 28 September 2021   17:55 68 1 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
KKN Tematik UPI 2021: Mengembangkan Daya Literasi Siswa Sekolah Dasar di Masa Pandemi
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Literasi menjadi salah satu kemampuan dasar yang sangat penting dimiliki oleh manusia. Melalui literasi, seseorang dapat menambah pengetahuan atau wawasannya. Menurut Education Development Center (EDC), literasi itu sendiri tidak hanya sebatas keterampilan individu dalam membaca dan menulis, namun juga merupakan kemampuan individu untuk menggunakan segala potensi dan keahlian yang dimiliki dalam hidupnya.

Di Indonesia, tingkat literasi masih rendah bila dibandingkan dengan negara lainnya terutama dalam minat baca dan tulis. Berdasarkan hasil survei minat baca yang dirilis pada tahun 2019 oleh Organization for Economic Co-operation and Development (OECD), Indonesia berada pada peringkat ke-62 dari total 70 negara. Sedangkan berdasarkan penelitian UNESCO dari tahun 2016, minat baca di Indonesia hanya sebesar 0,001%. Angka tersebut sangatlah rendah, walaupun sudah dilakukan beberapa upaya oleh pemerintah, namun rendahnya motivasi masyarakat untuk membaca masih belum bisa diatasi sepenuhnya.

Di masa pandemi saat ini, kegiatan beraktivitas di luar rumah dibatasi. Begitu pula dengan sekolah, dimana kegiatan pembelajaran terpaksa dilakukan secara daring. Hal tersebut menyebabkan kegiatan belajar-mengajar kurang optimal, karena tidak semua guru atau tenaga pengajar terbiasa dengan model pembelajaran daring sehingga masih kurang terampil dalam mengajar dan membuat media pembelajaran daring yang efektif. Bila target pembelajaran tidak tercapai, maka dapat berdampak pada kemampuan literasi siswa.

Menanggapi hal tersebut, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) UPI dari arahan Kemenristekdikti, memfokuskan kegiatan KKN (Kuliah Kerja Nyata) ke bidang literasi. Adapun program wajib untuk kegiatan KKN Tematik Literasi ini, yaitu program penguatan literasi baca-tulis, literasi numerasi dan literasi sains di tingkat pendidikan TK/PAUD, SD/MI, TPA, SMP/MTs, TBM dan PKBM. Kegiatan KKN ini dilakukan oleh mahasiswa UPI selama 30 hari secara daring di daerahnya masing-masing dengan mematuhi protokol kesehatan. Salah satu lokasi berlangsungnya KKN ini yaitu di SDN 3 Cikokol yang terletak di Keluarahan Cikokol, Kota Tangerang.

Kegiatan KKN di SDN 3 Cikokol ini dilaksanakan untuk siswa kelas 6. Pada pengenalan awal, dilakukan penelitian tentang minat baca dan kepahaman mereka terhadap pengertian literasi. Hasilnya 64% dari mereka memang memiliki hobi membaca dan sebagian besar sudah mengerti makna dasar dari literasi. Untuk penguatan lebih lanjut, dibuat media pembelajaran interaktif, seperti video pematerian, bacaan digital dan kuis melalui Google Form. Setiap hari juga diberikan teks bacaan dengan pertanyaan yang harus diisi oleh para siswa sebagai latihan membaca, dimana di akhir latihan tersebut, para siswa diminta untuk menuliskan kosa kata baru yang ia dapat dari teks bacaan tersebut yang dimana akan bermanfaat bagi para siswa untuk berkomunikasi.  

Untuk program literasi numerasi, para siswa dibiasakan untuk menghadapi soal cerita. Tidak hanya mampu untuk berhitung, namun mereka juga dilatih agar bisa menginterpretasi atau merumuskan masalah dari suatu kejadian. Selain itu, bagi para orang tua murid, diberikan tips untuk menumbuhkan kebiasaan literasi anak di rumah.

Dengan dilaksanakannya KKN Tematik Literasi ini diharapkan dapat mengembangkan kemampuan dan motivasi para siswa, sebagai generasi penerus bangsa untuk membaca, menghitung dan memahami, agar Indonesia menjadi negara yang maju dan mampu bersaing dengan negara lain baik dalam bidang sains, teknologi, dan lain-lain.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan