Mohon tunggu...
Ariel Putra Wibisono
Ariel Putra Wibisono Mohon Tunggu... Mahasiswa

Aku kerap disapa dengan julukan RIL, aku kelahiran Solo , aku mahasiwa Teknik Elektro Univeritas Al Azhar Indonesia , aku sekarang sedang tertatarik mempelajari dibidang financial.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Pemahaman dan Penerapan Natural Language Processing di Bidang Elektro

7 Mei 2021   00:05 Diperbarui: 7 Mei 2021   00:10 49 1 0 Mohon Tunggu...

            DI indonesia banyak yang memiliki cita-cita yang tinggi dan berjuang untuk mendapatkan pendidikan yang sesuai dengan keminatannya. Tetapi hanya sedikit yang dapat melewati proses serta dididik dalam keterampilan dibidang teknik dan menggunakannya didunia kerja. Indonesia memiliki banyak perguruan tinggi yang menyediakan keminatan dibidang teknik,   serta banyak pula peluang pekerjaan untuk sarjana teknik. Dari sekian banyak bidang teknik yang ada diperguruan tinggi di Indonesia, pada artikel ini akan membahas atau mengulik salah satu-nya yaitu, Teknik Elektro. Peluang kerja lulusan Teknik Ekektro inipun juga cukup banyak, mulai dari perusahaan telekomunikasi, navigasi, robotika, dan lain sebagainya.

            Banyak yang beranggapan kalau Teknik Elektro yang dipelajari adalah reparasi peralatan elektonik seperti TV, radio, dan lain sebagainya. Padahal tidak sesempit itu, ada salah satu materi dibidang Teknik Elektro yang menarik untuk dipelajari yaitu, Natural Language Processing (NLP) yang tercangkup dibidang Telekomunikasi. Inti dari Natural Language Processing (NLP) yaitu sebuah sistem yang memproses data dan informasi yang terdapat dalam bahasa yang dipergunakan manusia. Pada NLP memiliki 3 istilah lain yaitu; Computational Linguistics, Human Language Teknology dan Natural Language Engineering. Berikut penjelasan singkat dari istilah -- istilah pada NLP;

  • Computational Linguistics adalah bidang antardisiplin yang mengkaji pemodelan bahasa alami dengan statistika dan berbasis aturan dari sudut pandang komputasi.
  • Human Language Teknology adalah bidang interdisipliner yang mencakup bidang teknologi dan ilmiah.
  • Natural Language Engineering bertujuan untuk menjembatani kesenjangan antara penelitian linguistik komputasi tradisional dan penerapan aplikasi praktis dengan potensi penggunaan dunia nyata.

            NLP bagi komputer pun memiliki beberapa kegunaan, berikut kegunaan NLP bagi komputer, pertama, menganalisa, memahami dan membuat bahasa manusia, selayaknya manusia. Kedua, menetapkan teknik komputasi ke dalam domain bahasa. Ketiga, membuat komputer mempelajari bahasa manusia. Keempat, merupakan salah satu cabang kecerdasan buatan. NLP memiliki kecerdasan seperti manusia, dapat dikatakan seperti itu karena NLP dapat memahami kata, data dan informasi, singkatnya NLP merupakan program komputer yang mampu memahami teks maupun ucapan.

            NLP memiliki dua komponen yaitu, Natural Language Understanding dan Natural Language Generation. Natural Language Understanding merupakan komponen NLP yang mengambil beberapa kalimat yang diucapkan atau diketik dan mencari tahu artinya. Sedangkan Natural Language Generation merupakan komponen NLP yang mengambil beberapa representasi formal dari apa yang ingin dikatakan dan mencari cara untuk mengekspresikannya dalam bahasa alami. Misalnya, ketika kita mengetikkan atau menulis kata dalam bahasa Indonesia yang ingin diubah ke dalam bahasa Inggris di Google translate, itu merupakan peran dari komponen Natural Language Understanding. Ketika sistem pada Google translate langsung mempresentasi formal dari bahasa Indonesia menjadi bahasa Inggris, itu merupakan peran dari komponen Natural Language Generation.

            Langkah -- langkah pada NLP, Morphological dan Lexical Analysis, Syntactic Analysis, Semantic Analysis, Discourse Integration dan Pragmatic Analysis. Berikut penjelasan singkat dari langkah -- langkah pada NLP, Morphological dan Lexical Analysis singkatnya itu kita memproses sebuah tulisan atau informasi lalu diperkecil menjadi paragraf, setelah menjadi paragraf diperkecil lagi menjadi kata. Syntactic Analysis, penjelasan singkatnya itu apa yang kita tulis itu benar atau tidak, dalam bahasa pemrograman syntax yang ditulis itu benar atau tidak. Semantic Analysis, menggambarkan arti kamus atau arti sebenarnya dari konteks dan struktur yang dibuat berdasarkan syntactic analysis memiliki arti tertentu. Discourse Integration itu menggabungkan dan mencari konteks dalam sebuah kalimat. Pragmatic Analysis merupakan Satu langkah untuk mengerti maksud dari arti  kata yang diperoleh.

            Natural Language Processing memiliki  kegunaan dalam cangkupan yang lebih luas, seperti,  perusahaan ternama seperti Google dan Yahoo dapat memberhentikan spam dengan cara menyaring dan mengkualifikasi dengan analisa  NLP yang melalui server mereka. Lalu NLP dapat membantu industri kesehatan melakukan pengidentifikasian suatu penyakit berlandaskan rekam medis elektronik dan perkataan pasien sendiri. Kesimpulan dari mempelajari Natural Language Processing yaitu, dengan NLP dapat mencangkup pembagian bahasa, kata, kalimat ataupun paragraf menjadi bagian elemen yang lebih singkat yang berupaya memahami hubungan antara tiap-tiap bagian dan mencari bagaimana tiap bagian bekerjasama dalam menciptakan suatu makna.

VIDEO PILIHAN