Hiburan Pilihan

Tradisi Parade Wisuda ITB

15 April 2018   22:09 Diperbarui: 15 April 2018   23:11 845 1 0
Tradisi Parade Wisuda ITB
Wisudawan Teknik Metalurgi ITB diarak Keliling Kampus Ganesha

Momen besar dari instansi perguruan tinggi adalah orientasi mahasiswa baru dan wisuda. Seseorang yang menyematkan gelar sarjana pada namanya pasti telah melewati rangkaian dua kegiatan tersebut, diawali dengan masa orientasi dan diakhiri  dengan wisuda sebagai "acara puncak".  Pada kebanyakan perguruan tinggi, kegiatan wisuda hanya sebatas pada sidang terbuka. Setelah sidang terbuka dilaksanakan, kegiatan selesai begitu saja.

Tidak seperti kegiatan wisuda pada umumnya, ITB memiliki suatu tradisi kegiatan wisuda, yang dikenal dengan parade wisuda. Parade Wisuda merupakan rangkaian kegiatan dari mulai mengarak wisudawan dan wisudawati keliling kampus hingga adanya performance dari himpunan mahawiswa jurusan. Semua itu dilakukan semata-mata untuk mengapresiasi wisudawan dan wisudawati yang telah berkontribusi bagi himpunan, almamater, serta telah menyelesaikan studi S1-nya. Parade Wisuda ITB diadakan setiap tahunnya pada bulan April, Juli, dan Oktober. Kegiatan tersebut diwadahi oleh Keluarga Mahasiswa ITB. 

Kemeriahan Parade Wisuda ITB
Kemeriahan Parade Wisuda ITB
Setelah sidang terbuka selesai dilaksanakan, himpunan mahasiswa jurusan  menyambut para wisudawan dan wisudawati sesuai dengan jurusannya di Gedung Sasana Budaya Ganesha (Sabuga ITB). Massa himpunan bersama wisudawan dan wisudawati berjalan bersama-sama menuju Sarana Olahraga ITB untuk dimulainya proses arak-arakan. Arti arak-arakan di sini adalah kegiatan iring-iringan wisudawan dan wisudawati bersama massa himpunan dengan diiringi perkusi dan lagu-lagu yang dinyanyikan dengan keras. Selain itu, kegiatan arak-arakan juga dilengkapi dengan mega property yang menjadi ciri dari suatu jurusan. 

Semua himpunan mahasiswa dari berbagai jurusan berkumpul dan mulai berlomba-lomba dalam menunjukkan properti, kostum, suara, serta performa terbaiknya selama parade wisuda berlangsung. Derasnya hujan, teriknya panas matahari,  seraknya suara, hingga pegalnya kaki  tidak menyurutkan kemeriahan Parade Wisuda ITB. Massa kampus ITB tidak ingin kehilangan momen yang berharga ini untuk diberikan kepada para wisudawan dan wisudawati.

Arak-arakan pada Parade Wisuda ITB
Arak-arakan pada Parade Wisuda ITB
Kostum-kostum Unik Menghiasi Parade Wisuda ITB
Kostum-kostum Unik Menghiasi Parade Wisuda ITB
Tradisi tetaplah tradisi, bukan untuk dilupakan tetapi untuk diwariskan. Parade wisuda merupakan momen terakhir yang dapat diberikan kepada para wisudawan dan wisudawati, acara yang sederhana tetapi sangat berarti. Sudah saatnya wisudawan dan wisudawati meninggalkan kampus Ganesha untuk memulai perjalanan baru yang sesungguhnya.  Proses pembelajaran masih panjang, terus melangkah, berpijak pada bumi, lakukanlah yang terbaik untuk Tuhan, bangsa, dan almamater!