Mohon tunggu...
Arief Luqman
Arief Luqman Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa UPI

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Tips Belajar Daring di Masa Pandemi

1 Agustus 2021   12:26 Diperbarui: 1 Agustus 2021   12:27 35 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tips Belajar Daring di Masa Pandemi
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pandemi Covid-19 yang mewabah sejak awal tahun 2020 ke seluruh pelosok negara, sampai saat ini masih belum berakhir. Seluruh negara saat ini masih menerapkan semua aturan-aturan untuk meminimalisir penyebaran virus covid-19. Lockdown, pemakaian masker, social distancing, mencuci tangan dan menggunakan hand sanitizer, dan vaksin. Semua itu diterapkan untuk mencegah penyebaran virus yang lebih ganas dan menekan angka kematian. Semua kegiatan juga dilakukan di dalam rumah supaya terhindar dari virus covid-19

Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) yaitu salah satu universitas yang setiap tahun selalu menjalankan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) tetap menjalankan KKN meskipun situasi saat ini di Indonesia kurang mendukung. Program KKN UPI tahun ini tetap diadakan tetapi dengan beberapa penyesuaian supaya seluruh anggota peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) tetap bisa menjalankan program KKN tanpa terkena virus covid-19. Penyesuaian-penyesuaian yang dilakukan seperti menjalankan program KKN di dekat rumah masing-masing, dan kegiatannya dilakukan dengan online/daring. Tahun sebelumnya pun, mahasiswa diwajibkan untuk menjalankan KKN di kedua bidang yaitu, bidang pendidikan dan bidang ekonomi. Tahun ini, mahasiswa diberi kelonggaran dengan dibolehkan memilih 1 bidang dari bidang pendidikan dan bidang ekonomi. Maka dari itu, penulis selaku mahasiswa dari UPI yang sedang menjalankan program KKN tahun 2021 ini memilih bidang pendidikan.

Pembelajaran daring pasti tidak akan seoptimal pembelajaran luring karena banyak keterbatasan saat belajar daring. Berikut beberapa tips belajar daring supaya pembelajaran di rumah bisa tetap menarik, menyenangkan dan tetap optimal seperti saat belajar luring.

1. Fokus

Mahasiswa ataupun siswa yang belajar di rumah mungkin saat belajar seringkali dilakukan dengan kegiatan lain. Misalnya seperti belajar sambil menonton, atau mungkin yang perempuan disuruh membantu pekerjaan rumah tangga saat kuliah atau sekolah. Hal ini dapat menyebabkan pelajaran tidak masuk ke otak atau kurang dipahami karena tidak fokus. Alangkah baiknya untuk melakukan pekerjaan satu persatu sehingga bisa lebih fokus dan pelajaran pun dapat lebih dipahami.

2. Manajemen Waktu

Saat belajar online terkadang kita tidak ada manajemen waktu yang jelas seperti saat di kuliah atau sekolah. Jika saat di sekolah ada waktu yang jelas untuk belajar, istirahat, dan pergantian jam pelajaran. Saat di rumah, tidak ada yang mengatur waktu belajar, waktu istirahat bahkan seringkali siswa lebih banyak waktu istirahat atau main daripada waktu belajarnya. Karena hal ini belajar daring jadi kurang optimal karena manajemen waktu yang tidak baik. Kita sebagai pelajar harus bisa manajemen waktu yang baik sehingga waktu yang kita punya dapat dimanfaatkan dengan optimal. Atur waktu yang ideal untuk belajar dan juga jangan lupakan luangkan waktu di sela-sela belajar untuk istirahat supaya tidak bosan.

3. Jadwal Belajar

Sebuah jadwal sangat membantu kita untuk mengatur waktu, begitu pun dengan jadwal belajar. Jadwal belajar membantu kita supaya setiap pelajaran dapat terbagi waktunya dengan rata. Semua mata pelajaran mendapatkan porsi waktu belajar yang sama. Membuat target-target capaian kecil tiap harinya juga menjadi tips belajar online tetap efektif. Buat target sehingga tetap termotivasi setiap harinya untuk belajar.

4. Olahraga

Pembelajaran di rumah menjadikan tubuh kita jadi sangat kurang bergerak dibandingkan dengan belajar di sekolah. Hal ini tidak bagus karena dapat menyebabkan tubuh kita menjadi mudah lelah atau bisa jadi mudah terkena penyakit. Luangkan waktu minimal seminggu sekali untuk berolahraga supaya badan tetap sehat dan bugar. Tidak perlu olahraga yang berat, cukup dengan olahraga ringan seperti jogging di halaman rumah atau bisa jogging mengelilingi komplek perumahan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x