Mohon tunggu...
MUHAMMAD ARIEF ALBANI
MUHAMMAD ARIEF ALBANI Mohon Tunggu... Koperasi Nusantara Banyumas Satria (NUMas)

Pegiat Koperasi Nusantara Banyumas Satria (NUMas).

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan

Nahdlatul Ulama Bersama Alam

22 Juli 2021   23:09 Diperbarui: 24 Juli 2021   09:46 47 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Nahdlatul Ulama Bersama Alam
Nahdlatul Ulama Ma'al 'Alamin

"Dialah yang menciptakanmu dari Bumi (tanah) dan menjadikanmu sebagai pemakmurnya, maka mohonlah ampun dan bertaubatlah kepada-Nya" - (QS. Hud : 61)

Dalam gambar lambang/logo Nahdlatul Ulama (NU) yang paling menonjol adalah gambar Bola Dunia (globe) besar yang menjadi gambar utama. Dikelilingi Bintang berjumlah sembilan dan dilingkari "dadung" (tambang/tali) serta tulisan Nahdlatul Ulama dengan huruf Arab sebagai penegas bahwa Jam'iyyah (organisasi) ini bernama Nahdlatul Ulama.

Gambar Bola Dunia utuh yang tidak hanya menunjukkan letak Indonesia, namun utuh menggambarkan seluruh dunia adalah perlambang bahwa NU merupakan bagian dari Warga Dunia. Sebagai Warga Dunia, maka NU juga memikul tanggungjawab untuk kebaikan dunia ini. Maka tidaklah mengada-ada jika jangkauan tanggung jawab serta aktivitas NU mencakup seluruh alam. Karena NU memang benar-benar "ma'al 'alamin" atau NU Bersama Alam Semesta.

LINGKUNGAN HIDUP

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), yang dimaksud Lingkungan Hidup adalah kesatuan ruang dengan semua benda, daya, keadaan, dan makhluk hidup, termasuk manusia dan perilakunya yang mempengaruhi perikehidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lainnya.

Dalam Al-Qur'an telah diterangkan bahwa Manusia diciptakan di Bumi ini agar menjadi "khalifah", yang bertugas menggunakan segala yang diciptakan Allah SWT serta menjaga kelestariannya. Segala kebutuhan manusia di Bumi ini telah disediakan oleh Allah SWT untuk dimanfaatkan. Namun, jika hanya memanfaatkan saja berarti kita hanya melihat aspek "manusia" nya saja. Sedangkan pemenuhan kebutuhan manusia tidak akan pernah bisa tercukupi jika tidak dibarengi dengan aspek keberlangsungan lingkungan hidup.

Jika ingin terus dapat mengambil manfaat dari Bumi ini, maka manusia harus dapat menjaga keberlangsungan Lingkungan Hidup agar tetap dapat bermanfaat. Jika rusak, maka tidak dapat dimanfaatkan. Jika punah, maka harus mencari penggantinya yang mungkin akan berakibat buruk pada aspek lainnya.

KERUSAKAN LINGKUNGAN HIDUP

Bumi kita saat ini menghadapi banyak masalah Lingkungan Hidup. Masalah lingkungan seperti Pemanasan Global, Hujan Asam , Polusi,  Pembuangan Limbah, Penipisan Lapisan Ozon, Perubahan Iklim dan banyak lagi sangat mempengaruhi kehidupan manusia, hewan, dan kehidupan lainnya.

Kerusakan Lingkungan Hidup yang terjadi di Bumi ini, merupakan tanggungjawab manusia sebagai penghuni Bumi ini. Manusia yang menggantungkan segala kebutuhan hidupnya dari apa yang ada di Bumi ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x