Amin Ridla Satya Graha
Amin Ridla Satya Graha

WNI yang sangat cinta Indonesia, Trainer, Runner, Diver, Traveller, Backpacker, email:ridla@live.com

Selanjutnya

Tutup

Bahasa Pilihan

"Mensukseskan" Asian Games 2018 atau "Menyukseskan" Asian Games 2018?

6 Agustus 2018   15:26 Diperbarui: 6 Agustus 2018   15:46 279 0 0

Semarak Asian Games 2018 sudah menggeliat di benak kita semua. Terlihat di sudut-sudut dan pinggir jalan terpasang dengan jelas spanduk-spanduk dukungan terhadap pelaksanaan Asian Games 2018. Dari spanduk-spanduk  dukungan tersebut ada  dua kata yang jadi pertanyaan dalam diri saya yaitu "....mensukseskan Asian Games 2018" dan ".....menyukseskan Asian games 2018".

Sebagai orang awam dan bukan ahli di bidang tata Bahasa Indonesia, saya penasaran untuk mencari tahu, yang benar mensukseskan atau menyukseskan. Segera saya searching di "mbah" google mengenai kata mensukseskan dan menyukseskan, ternyata banyak sekali ahli bahasa yang sudah memaparkan  tentang kata-kata tersebut.

Kata mensukseskan ternyata tidak ditemukan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), berarti kata mensukseskan tidak baku, yang baku adalah menyukseskan.  Dari informasi yang saya baca, kita perlu mengetahui terlebih dahulu kata dasar dari bentuk kata jadian.  Kata dasar berawalan k, p, s, t,  bila mendapat imbuhan me -  akan luluh, tidak luluh bila berasal dari bahasa asing yang belum diadaptasikan dan masih dianggap asing. Kata dasar  menyukseskan adalah sukses,  sesuai dengan KBBI,  kata dasar sukses berawalan s, mendapat imbuhan me - , maka akan luluh, sehingga menjadi menyukseskan.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) online, kata sukses bermakna berhasil ; beruntung, ketika mendapat imbuhan me- menjadi menyukseskan yang bermakna menjadikan berhasil ; menjadikan beruntung. Dalam kalimat ".... menyukseskan  Asian Games 2018", bermakna menjadikan berhasil Asian Games 2018, berhasil dalam pelaksanaan dan prestasi tentunya.

Terlihat sepele memang, tapi harus bersama-sama kita luruskan, agar tidak menjadi salah kaprah yang berkepanjangan, karena spanduk-spanduk dukungan tersebut tertulis besar-besar dan mudah dibaca oleh kita semua bahkan anak-anak kita. Untuk kebaikan kita semua ada baiknya sebelum kita menuliskan sesuatu yang meragukan lebih baik kita bertanya kepada yang lebih tahu atau di jaman sekarang tinggal searching saja di "mbah" google. Kita semua siap menyukseskan Asian Games 2018.