Mohon tunggu...
Ariby Zahron
Ariby Zahron Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Negeri Malang
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Orang orang mengenalnya sebagai ariby, nama yang disematkan di setiap karya tulis yang ia ciptakan. Ariby Zahron juga suka memesan nasi bakar. Remaja Malang yang sedang mengabdi di tengah keramaian kotanya. Kadang-kadang ia jatuh cinta dengan Kota Malang lewat tulisannya sendiri

Selanjutnya

Tutup

Music Pilihan

Alffy Rev "Wonderland Indonesia": Perangkum Bahasa dan Musikalisasi Indonesia

23 September 2022   14:58 Diperbarui: 23 September 2022   15:19 140 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Dok Pribadi/Tangkapan Layar

'Wonderland Indonesia' merupakan sebuah karya dari rangkaian beberapa lagu daerah yang dikombinasikan atau dikomposisi oleh Alffy Rev, salah seorang youtuber lokal. Tidak sekedar digabungkan, beberapa lagu aransemen daerah tersebut juga diselaraskan dengan pengemasan music menggunakan EDM (Electronic Dance Music).

Sebuah karya yang sempat trending di kanal YouTube Indonesia ini, dirilis pada bulan lalu--- tepat pada hari perayaan kemerdekaan Indonesia yang ke-77. Dalam karya tersebut, Alffy mengangkat berbagai kekayaan, keberagaman, keunikan bahkan dengan sentuhan nuansa keajaiban pada pengemasan visualnya yang berlatar pada nusantara yang menggambarkan segala keberagaman dan keajaiban didalamnya. Karya ini merupakan persembahan Alffy Ref untuk membangkitkan kembali rasa cinta tanah air Indonesia.

Banyak tanda yang digunakan dalam video klip wonderland Indonesia mulai dari ikon, indeks, dan simbol baik berupa tanda verbal dan non verbal merupakan arti yang memberikan gambaran keindahan dan keragaman budaya serta adat di Indonesia, setiap lagu daerah yang digunakan serta pakaian adat dan koreografi tarian adat merupakan tanda yang berkaitan dengan judul yang digunakan dalam lagu tersebut yakni Wonderland Indonesia atau keajaiban Indonesia.

Video klip ini merupakan perpaduan Bahasa dan seni. Pasalnya, menghadirkan berbagai macam kesenian Indonesia mulai dari kesenian visual yang digambarkan Alffy seperti contoh keindahan alam Indonesia juga kekayaan pakaian adat. Tidak lupa dengan kesenian lokal seperti lagu tradisional dan tarian adat. Demikian adalah tujuan Alffy untuk menunjukkan kekayaan budaya dan seni Indonesia juga keelokan alam nusantara kepada seluruh dunia.

Mengenalkan lagu-lagu tradisional yang mulai banyak dilupakan masyarakat Indonesia sendiri karena dianggap kuno. Merepresentasikan perjuangan pahlawan dalam memerdekakan Indonesia dari para penjajah. Banyak emosi yang tercipta, mulai dari kekaguman, kesedihan, kebahagiaan, dan lain sebagainya.

Video klip musik "Wonderland Indonesia" ini menarik untuk diteliti karena selain sifatnya yang kontroversial, dalam video klip ini juga terdapat banyak tanda-tanda yang menyiratkan makna suatu seni dan budaya masyarakat Indonesia di setiap wilayahnya.

Semisal pada contoh berikut, Alffv Rev dalam video klip tersebut mengenalkan ikon Rumah Gadang dan Candi Borobudur pada opening video. Kemudian indeks yang mengartikan bahwa Rumah Gadang dan Candi Borobudur adalah bagian dari bangunan khas Indonesia. Keduanya adalah simbol yang merupakan suasana negara Indonesia.

Berikutnya ada kesenian musik yang tersaji di dalam video klip tersebut, seperti lagu 'Kampuang Nan Jauh di Mato' yang berasal dari Sumatra Barat. Dengan ikon menggunakan busana Limpapeh Rumah nan Gadang dan tari Piriang yang juga memperkenalkan kesenian bahasa daerah, tarian dan baju adat tradisional. Indeks yang menggambarkan suasana daerah Sumatra Barat dengan alunan lagu daerah serta simbol salah satu adat dan kebudayaan yang berada di Indonesia. 

Dalam lagu Kampuang Nan Jauh di Mato menceritakan tentang kerinduan pada kampung halaman dan keluarga. Dalam makna lain juga tertuang pula ungkapan mengenang memori manis yang terukir bersama teman-teman tercinta.

Kesimpulan dalam video klip ini adalah berbagai tanda mulai dari ikon, indeks, dan simbol yang menampilkan banyak perpaduan bahasa dan kesenian Indonesia. Mulai dari gambaran keindahan dan keragaman budaya serta adat di Indonesia, setiap lagu daerah yang digunakan serta pakaian adat dan koreografi tari merupakan tanda yang berkaitan dengan judul yang digunakan dalam lagu tersebut yakni Wonderland Indonesia atau keajaiban Indonesia. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Music Selengkapnya
Lihat Music Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan